Beijing (ANTARA) - Yuan rebound, berbalik melonjak 605 basis poin menjadi 6,6290 terhadap dolar AS pada Jumat, setelah jatuh 124 basis poin menjadi 6,6895 sehari sebelumnya menghentikan kenaikan selama empat hari berturut-turut, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing China (CFETS).

Di pasar spot valuta asing China, yuan diperbolehkan naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan.

Kurs tengah yuan terhadap dolar AS didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antarbank pada setiap hari kerja.

Baca juga: Menguat, dolar AS diperdagangkan di kisaran paruh atas 103 yen

Dikutip dari Xinhua, di pasar global (luar negeri), yuan juga melambung ke level tertinggi lebih dari dua tahun di 6,5994 terhadap dolar AS. Mata uang China telah sangat terpengaruh oleh perselisihan China-AS sejak pecahnya perang perdagangan bilateral pada 2018.

Yuan diuntungkan dalam beberapa bulan terakhir oleh harapan bahwa kandidat Demokrat Joe Biden akan memenangkan pemilihan presiden, saat ia dianggap kurang mengancam hubungan AS-China daripada Presiden dari Republik, Donald Trump.

Baca juga: Bank sentral AS tahan suku bunga dekati nol di tengah pilpres
Baca juga: Dolar merosot terendah 2 minggu, terimbas kebijakan Federal Reserve


Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020