Padang (ANTARA) - Hasil tes usap yang dilakukan terhadap 59 warga binaan di LP Muaro Padang, Sumatera Barat, akhirnya keluar dan semuanya dinyatakan negatif.

"Hari ini hasil tes yang dilakukan terhadap 59 warga binaan pada Rabu dan Kamis telah keluar, Alhamdulillah hasilnya dinyatakan negatif semua," kata Pelaksana Harian Kepala LP Padang, Novri Abbas, di Padang, Jumat.

Baca juga: Kluster LP bertambah, 4 warga binaan di Batanghari terinfeksi COVID-19

Ia mengatakan, 59 orang warga binaan itu terdiri dari 40 narapidana yang dinyatakan positif pada tes sebelumnya, sedangkan sisanya adalah narapidana baru yang mempunyai kontak erat. "Meski telah negatif kini 59 warga binaan itu masih dipisahkan dengan warga binaan lainnya," katanya.

Selain warga binaan, tes usap pada Rabu dan Kamis juga diikuti pegawai LP Padang sebanyak 71 orang dan hasilnya juga dinyatakan negatif.

Baca juga: Kalapas Kerobokan-Bali sebut tak terima tahanan baru selama 14 hari

Abbas mengatakan, pada Jumat (6/11) sebanyak 41 pegawai juga melakukan tes usap, dan kini menunggul hasil pemeriksaan laboratorium. "Kami berharap hasil 41 pegawai itu juga negatif," katanya.

Sebelumnya, tes usap itu dilakukan LP Padang setelah ada 40 warga binaan yang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 pada tes usap pertama kali.

Hasil tes yang menyatakan 40 orang narapidana positif Covid-19 itu keluar pada Minggu (31/10).

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020