Pemain timnas muda ramaikan IBL 2021

Pemain timnas muda ramaikan IBL 2021

Pebasket Indonesia Patriots Andakara Prastawa Dhyaksa (kiri) berusaha melewati pebasket Louvre Surabaya Michael Ayodele Kolawole saat pertandingan seri keenam Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2020 di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/3/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim/ama.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Patriots akan kembali meramaikan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2021 dengan menurunkan pemain tim nasional muda.

“Sama seperti musim lalu, Indonesia Patriots akan berkompetisi hingga babak regular usai dan tidak ke babak playoff dan selanjutnya,” kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam laman resmi IBL dikutip Jumat.

Keikutsertaan pemain yang nantinya disebut sebagai Timnas Elite Muda itu diharapkan dapat mempersiapkan pelapis timnas senior dalam menghadapi Piala Asia FIBA 2021 maupun Piala Dunia FIBA 2023.

Baca juga: Indonesia lanjutkan Kualifikasi FIBA Asia 2021 di Bahrain
Baca juga: Erick Thohir sambangi FIBA laporkan kesiapan tuan rumah Piala Dunia

“Kami berharap keikutsertaan Timnas Elite Muda di IBL dapat mempersiapkan pelapis timnas senior Indonesia menuju FIBA World Cup 2023," ujar Ketua umum PP Perbasi Danny Kosasih.

PP Perbasi sebelumnya telah melakukan seleksi timnas muda tahap pertama lewat video kepada 57 pemain. Sementara pada tahap kedua, terkumpul 29 pemain dari 13 pengurus provinsi (pengprov) Perbasi yang akan diseleksi pada 5-15 November 2020 di GMC Basketball Arena, Cirebon.

Timnas Elite Muda berada di bawah koordinasi Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Syailendra Bakrie, penanggung jawab Wahyu Gunarto, serta manajer tim Andi “Batam” Poedjakesuma.

Baca juga: Perbasi akan bentuk timnas muda sebagai pelapis di FIBA World Cup 2023
Baca juga: 14 pemain dipanggil ikuti TC timnas basket putra

Sementara jajaran pelatih terdiri dari Youbel Sondakh sebagai pelatih kepala dibantu dua asisten pelatih, yakni Andre Ekayana Satya Santosa dan Koko Heru S. Nugroho. Derry Drew akan menangani urusan strength and conditioning.

Selain itu, mereka juga akan berada dalam pengawasan pelatih kepala tim nasional senior asal Serbia Rajko Toroman.

“Pola permainan dan sistem mereka akan sinkron dengan apa yang dilakukan di timnas senior, sebab tim ini memang dibentuk sebagai pelapis timnas senior,” ucap manajer Timnas Elite Muda Andi "Batam" Poedjakesuma.

Baca juga: IBL batalkan lanjutan kompetisi musim 2020
Baca juga: Dirut IBL jelaskan keputusan batalkan kelanjutan musim 2020
Baca juga: Pelatih timnas basket Indonesia pantau pemain di IBL 2020

 

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020