Tidak seperti perjalanan lain ke Inggris, tidak akan ada pengecualian untuk kebijakan karantina ini
Jakarta (ANTARA) - Pertandingan UEFA Nations League antara Inggris melawan Islandia terancam ditunda karena pemerintah Inggris memberlakukan larangan perjalanan baru bagi pengunjung non-Inggris yang datang dari Denmark, berdasarkan laporan BBC pada Minggu (08/11).

Pembatasan tersebut dilakukan terkait dengan kekhawatiran atas jenis virus korona baru yang telah menyebar dari cerpelai ke manusia.

Islandia dijadwalkan menghadapi Denmark di Kopenhagen tiga hari sebelum menghadapi Inggris di Wembley pada 18 November.

Baca juga: Dwigol Lukaku amankan kemenangan 2-1 Belgia atas Islandia

"Tidak seperti perjalanan lain ke Inggris, tidak akan ada pengecualian untuk kebijakan karantina ini," menurut isi dari pedoman perjalanan tersebut.

Sejak Juni, para olahragawan elite telah mendapatkan pengecualian dari pembatasan perjalanan terkait virus corona.

Asosiasi Sepak Bola Inggris sekarang sedang menunggu klarifikasi dari pemerintah terkait pertandingan tersebut. Aturan terbaru itu, yang diberlakukan pada Sabtu, akan ditinjau setelah berjalan sepekan, kata Kementerian Transportasi Inggris.

Protokol UEFA untuk virus corona menyatakan bahwa pertandingan internasional dapat dijadwal ulang pada tanggal yang ditetapkan oleh Badan Sepak Bola Eropa itu, atau dimainkan di lokasi netral bila perlu.

Baca juga: Islandia ganti pelatih gara-gara COVID-19

Namun, penjadwalan ulang bukanlah sebuah pilihan. UEFA dikabarkan sedang mempelajari masalah tersebut.

Berdasarkan aturan terbaru, warga negara Inggris dan pemegang visa dapat kembali dari Denmark, tetapi harus diisolasi bersama dengan semua anggota rumah mereka selama 14 hari.

Itu berarti pemain-pemain asal Denmark di Liga Inggris kemungkinan harus diisolasi selama 14 hari setelah mereka kembali dari negaranya setelah tugas internasional.

Baca juga: Hasil imbang hiasi dua pertandingan Divisi C Grup 2 Nations League

Pemain seperti kiper Leicester Kasper Schmeichel, kiper Everton Jonas Lossl, bek Chelsea Andreas Christensen, bek tengah Southampton Jannik Vestergaard dan gelandang Tottenham Pierre-Emile Hojbjerg dapat terpengaruh aturan tersebut.

Aturan ini juga bisa memengaruhi pemain-pemain timnas Swedia yang bermain di Inggris karena mereka akan bermain melawan Denmark dalam pertandingan persahabatan pada Rabu termasuk bek Manchester United Victor Lindelof, bek sayap Newcastle Emile Krafth dan kiper Everton Robin Olsen.

FIFA sendiri sudah mengeluarkan peraturan di awal pandemi, yang memungkinkan klub menarik pemain dari tugas internasional bila ada risiko terinfeksi virus corona.

Baca juga: Wenger sarankan agar Piala Dunia dan EURO digelar dua tahun sekali
Baca juga: Gol debut Inggris buat Calvert-Lewin naik kelas, kata Southgate

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020