Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 21 pemain terpilih mengikuti program Garuda Select III untuk menjalani pemusatan latihan secara intensif di Inggris yang akan berlangsung hingga Mei 2021.

Jumlah tersebut merupakan hasil final dari 26 pemain yang mengikuti seleksi tahap akhir. Adapun serangkaian proses seleksi telah berlangsung sejak 27 Oktober hingga 3 November di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Direktur Sepak Bola Garuda Select Dennis Wise mengatakan bahwa proses seleksi dilakukan oleh tim pemandu bakat yang berkeliling ke berbagai daerah Indonesia, termasuk melakukan pemantauan pemain pada kompetisi Piala Soeratin dan Liga Topskor. Selain itu, ada juga para pemain yang berasal dari akademi sepak bola maupun Elite Pro Academy U-16.

Baca juga: PSSI umumkan nama 26 pemain yang lolos seleksi Garuda Select III

“Kami sudah melakukan seleksi dan akhirnya terpilih 21 pemain terbaik yang akan diberangkatkan ke Eropa. Inilah pemain terbaik hasil seleksi yang sudah kami pilih berdasarkan pengamatan kami selama di Indonesia. Mereka adalah pemain-pemain terbaik yang akan melakukan serangkaian pelatihan intensif dan akan melawan tim-tim usia muda terbaik di Inggris dan Eropa,” kata Wise dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Minggu.

Dari 21 nama yang lolos, ada empat pemain yang pernah mengikuti Garuda Select II kemudian terpilih lagi pada edisi ketiga kali ini. Mereka adalah Rafli Asrul, Fernando Pamungkas, Kakang Rudianto, dan Edgar Amping.

Dengan pengalaman yang sudah didapat pada tahun sebelumnya, keempat pemain itu pun diharapkan bisa semakin mengembangkan kemampuan diri mereka sekaligus membantu tim saat bertanding. Selain itu, mereka juga harus mampu membimbing pemain lainnya untuk beradaptasi dengan kondisi di Inggris.

“Keempat pemain itu akan kami bawa kembali ke Inggris. dari pengalaman musim lalu, mereka sudah tahu harus apa dan bisa menjadi contoh bagi yang baru datang tahun ini. Dengan bakat yang mereka miliki, kehadiran mereka sangat membantu, terutama ketika tim bertanding," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan selamat kepada 21 nama yang lolos. Ia berharap para pemain terpilih itu bisa belajar dengan serius saat menjalani pemusatan latihan di Inggris sehingga bisa menjadi pemain masa depan timnas Indonesia.

“Selamat kepada 21 pemain yang terpilih berangkat ke Inggris. Yang belum terpilih kami harap tetap bersemangat, jangan menyerah, terus berlatih dan kerja keras,” kata Iriawan.

Berikut daftar 21 pemain Garuda Select Jilid III:

1. Wahyu Agung Drajat Mulyono – ex Persebaya U16

2. Hokky Caraka - PSS U16

3. Frezy Al-Hudaifi - Astam

4. I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra - Persebaya U16

5. Muhammad Faqih Maulana - Tajimalela

6. Noval Junior Iskandar - FASS Junior

7. Krisna Sulistia Budianto - SSB Djarum Kudus

8. Adre Arido Geovani - Bina Taruna

9. Ridwan Ansori - Persib U16

10. Dustin Pratama Bramantio - Persela U16

11. I Putu Dipa Yogi Arta- Bali United

12. Ridho Syuhada Putra - PSIS U16

13. Daniel Naa - Bhayangkara U16

14. Kakang Rudianto - Garuda Select II

15. Rafli Asrul - Garuda Select II

16. Fernando Pamungkas - Garuda Select II

17. Edgar Amping - Garuda Select II

18. Ibnu Murarak - Kalimantan Timur

19. I Gede Aditya Juli Antara - Persebaya U16

20. Muhammad Faiz Maulana - Bina Taruna

21. Roki - Gabsis Sambas


Baca juga: 26 pemain lolos seleksi tim Garuda Select jilid III
Baca juga: PSSI ingin pemain Indonesia banyak yang berkarier di luar negeri


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020