Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 3.003 pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura di Surabaya sejak dibuka pada akhir Mei 2020 hingga saat ini.

“Ini kabar bagus, karena pasien yang masuk juga sudah mulai berkurang dan yang sedang menjalani perawatan di sini tinggal sedikit,” ujar Dokter umum RS Lapangan Indrapura Tanri Hadinata Wiranegara di Surabaya, Minggu.

Sampai saat ini, total tersisa 66 pasien COVID-19 yang masih harus menjalani perawatan di rumah sakit tersebut, dan mayoritas pasien berkategori sedang, serta sebagian tanpa gejala.

Kendati demikian, ia meminta masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan dan tidak boleh lengah selama beraktivitas.

Protokol kesehatan pencegahan COVID-19, kata dia, seperti mengenakan masker, menjaga jarak aman dan rajin mencuci tangan harus tetap dijalankan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, salah seorang ibu dan bayinya tercatat sebagai pasien yang dinyatakan sembuh ke 3.003 di rumah sakit darurat yang dikelola Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II tersebut.

"Saya 11 hari dirawat di sini. Alhamdulillah sekarang sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," kata salah seorang pasien, Enggar Dwi Puspitasari.

Wanita berusia 26 tahun itu dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 bersama suaminya, Erlangga Raditya Eka Putra (26), serta putri semata wayangnya yang masih berusia 16 bulan, Ilana Titania Raditya.

Pasangan suami istri tersebut sehari-harinya bekerja sebagai petugas kesehatan di sebuah klinik kesehatan mata wilayah Kota Surabaya.

Mereka bersama dua pasien sembuh lainnya dilepas dengan tradisi Jawa “Tumpengan”, bersama para relawan COVID-19 dan petugas kesehatan Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II.

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020