Patimban telah menjadi magnet baru bagi pertumbuhan kawasan serta pengembangan koridor industri yang telah ada
Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Colliers International mengingatkan berbagai pihak terkait bahwa pengembangan pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, merupakan peluang besar bagi peningkatan iklim investasi industri nasional.

"Patimban telah menjadi magnet baru bagi pertumbuhan kawasan serta pengembangan koridor industri yang telah ada," kata Director Advisory Services Colliers International Monica Koesnovagril dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur secara besar-besaran yang dilakukan pemerintah dalam konektivitas Jawa bagian barat dan timur juga meningkatkan posisi strategis daerah Subang, terlebih dengan adanya Bandara Kertajati.

Baca juga: Pelabuhan Patimban siap beroperasi Desember 2020

Baca juga: Harapan pebisnis properti dari hadirnya Pelabuhan Patimban


Ia berpendapat bahwa dengan berada di lokasi strategis, perusahaan industri yang terletak di Subang memiliki potensi guna meningkatkan distribusi produk mereka secara lebih jauh dan lebih cepat ke berbagai daerah.

Diharapkan pula bahwa kebijakan baru pemerintah Indonesia akan dapat menarik baik bagi investor lokal maupun asing.

"Namun, faktor kunci dalam menarik investor, khususnya investor asing, adalah dengan regulasi investasi yang jelas dan tidak berubah-ubah," katanya.

Ia berpendapat bahwa dengan mewujudkan hal tersebut akan mendorong investor mendirikan usaha di Indonesia dan bukan di negara ASEAN lainnya seperti Vietnam dan Thailand.

Baca juga: Pelabuhan Patimban tahap 1 ditargetkan selesai November 2020

Baca juga: Menhub naiki perahu nelayan, tinjau Pelabuhan Patimban


 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020