TransJakarta tambah tiga rute baru

TransJakarta tambah tiga rute baru

Bus Transjakarta memasuki Halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). Halte yang dibakar pada aksi tolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja itu saat ini sudah mulai beroperasi dengan kapasitas operasional 50 persen selama masa perbaikan. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Jakarta (ANTARA) - TransJakarta mulai Selasa menambah tiga rute baru untuk memperluas jangkauan layanan bagi masyarakat di Ibu Kota.

"Ada 3 (tiga) rute baru, yakni TR1 Stasiun Gongdangdia-Senen, TR2 Stasiun Gongdangdia-Balaikota dan JAK 10A Stasiun Gondangdia-Cikini. Ketiga rute ini resmi dibuka mulai hari ini, 10 November 2020," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Prasetia Budi di Jakarta, Selasa.

Tiga rute terbaru itu menambah jangkauan layanan TransJakarta yang sudah mencakup 83 persen wilayah Provinsi DKI Jakarta pada 2019.

Dengan penambahan rute ini, diharapkan TransJakarta dapat melayani mobilitas masyarakat lebih baik lagi, khususnya dalam hal transportasi umum.

Ada 24 armada yang disiapkan TransJakarta untuk tiga rute barunya dengan rincian delapan unit medium bus untuk rute TR1 Stasiun Gongdangdia-Senen, empat unit
medium bus untuk rute TR2 Gondangdia-Balaikota dan sebanyak 12 unit mikrotrans untuk layanan JAK 10A Stasiun Gongdangdia-Cikini.

Ketiga rute ini beroperasi setiap hari kerja Senin-Jumat mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Untuk menikmati layanan TR1 dan TR2 selama 2 (dua) pekan ke depan pelanggan dikenakan biaya
Rp0 atau gratis, namun untuk selanjutnya dikenakan tarif regular Rp3.500.

Sementara untuk layanan mikrotrans JAK10A, pelanggan tetap dapat menikmati tarif Rp0 jika menggunakan Kartu Jaklingko sebagai alat pembayarannya.

Baca juga: TransJakarta alihkan layanan imbas penutupan di KS Tubun dan Monas
Baca juga: Manajemen TJ: Penghargaan layanan transportasi banggakan Indonesia
Suasana salah satu halte TransJakarta yang akan dirombak dengan desain kekinian, Ahad (1/11/2020). ANTARA/HO-Humas TransJakarta/am.
Berikut pemberhentian rute-rute baru TransJakarta:

1. TR1 Stasiun Gongdangdia-Senen
Arah Senen:
St Gondangdia-Komplek AL-Kanisius-Telkom-Gambir 1-Gambir 2-Istiqlal-Lapangan Banteng-Wahidin-Ps Senen-St Senen.

Arah St Gondangdia:
Stasiun Senen-Atrium 1-Atrium 2-RSPAD-Museum Kebangkitan-PMI-Tugu Tani-Halte Sekolah-BRI-Halte SMU-Stasiun Gondangdia

2. TR2 Stasiun Gongdangdia-Balaikota
Arah Balaikota:
Stasiun Gondangdia 1-Komplek AL-BRI-Kanisius-Telkom-Balaikota

Arah St Gondangdia :
Balaikota-IRTI-Wisma Antara-BUMN-Gedung Dewan Pers-Gedung DPRD-Stasiun Gondangdia 2-Stasiun Gondangdia 1

3. JAK 10A Stasiun Gondangdia-Cikini
St Gondangdia-Komplek AL-Kanisius-Telkom-Gambir 2-Memperindag-Tugu Tani-Halte Sekolah-Bapindo-Halte SMU-St Gondangdia

Di tengah PSBB Transisi, TransJakarta tetap berkomitmen memperhatikan segala prosedur kesehatan dengan melakukan sanitasi seluruh armadanya secara berkala menggunakan cairan
disinfektan.

TransJakarta turut membatasi daya angkut bus, yakni maksimal 60 orang untuk bus gandeng,  sedangkan maksimal 30 orang untuk bus besar dan sebanyak 15 orang untuk bus kecil.

"Untuk itu, kami berharap pelanggan bisa bekerjasama dengan mematuhi semua prosedur kesehatan yang berlaku guna memutus rantai penyebaran COVID-19, khususnya selama berada di area TransJakarta," kata Prasetia.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020