Dorong ekspor RI ke Australia, Kemendag dan Kadin teken MoU

Dorong ekspor RI ke Australia, Kemendag dan Kadin teken MoU

Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang “Pengembangan Ekspor ke Australia melalui Pemanfaatan Trading House” pada perhelatan Trade Expo Indonesia Virtual-Exibition 2020 antara Kementerian Perdagangan dan Kadin yang disiarkan virtual, Selasa. (ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perdagangan)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang “Pengembangan Ekspor ke Australia melalui Pemanfaatan Trading House” pada perhelatan Trade Expo Indonesia Virtual-Exibition 2020.

“Nota kesepahaman ini diharapkan dapat meningkatkan peran para usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia dalam meningkatkan ekspor nasional,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan usai menandatangani MoU yang disiarkan secara virtual, Selasa.

Kasan menandatangani MoU bersama Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja.

Menurut dia, tujuan kerja sama ini adalah mendorong peningkatan ekspor produk Indonesia ke Australia sebagai implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Pemerintah, tambahnya, memiliki komitmen besar bersama-sama dengan mitra strategis untuk mengimplementasikan butir-butir cakupan kerja sama sesuai tugas dan fungsi masing-masing, sehingga mampu meningkatkan ekspor nasional yang berdaya saing.

Diketahui, TEI-VE ke-35 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual hari ini (10/11). Perhelatan yang pertama kalinya digelar virtual tersebut melibatkan 690 pelaku usaha dengan 3.870 buyer dari 190 negara di dunia.

Baca juga: Indonesia dorong peningkatan ekspor produk tekstil ke Turki

Baca juga: Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Baca juga: Kemendag teken MoU dukung wanita pengusaha perluas ekspor ke Kanada

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020