Warga Kampung 1001 Malam akhirnya bisa lalui jalan dengan aman

Warga Kampung 1001 Malam akhirnya bisa lalui jalan dengan aman

Ketua Umum Persit KCK Chandra Hetty Andika Perkasa. ANTARA/HO-Persit KCK

Jakarta (ANTARA) - Warga di Kampung 1001 Malam, Surabaya, akhirnya dapat melalui jalan dengan aman usai mendapat bantuan donasi pembangunan dari Ketua Umum Persatuan Istri Tentara Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Hetty Andika Perkasa sebesar Rp12 juta.

Ketua Kampung 1001 Malam Sigit Santoso mengatakan bahwa warga langsung bahu-membahu siang malam demi memperjuangkan pembangunan jalan di Kota Pahlawan itu.

Sigit dalam tayangan video pada akun Youtube TNI AD yang dilihat di Jakarta, Selasa (10/11), menyampaikan terima kasih kepada istri Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Habis dapat bantuan dari Ibu Hetty, ini jalannya sudah ready. Sudah lancar. Kalau dulu 'kan masih banyak batu-batu dan kerikil. Dulu 'kan juga sering ada anak yang jatuh ke sungai. Sekarang sudah ada bantuan, sama masyarakat, siang dan malam, ya, akhirnya (pembangunan jalan) bisa sukses," katanya.

Baca juga: Ketum Persit KCK membatik bersama Dharma Pertiwi se-Indonesia

Sigit bercerita bahwa semangat warga muncul karena bantuan yang diberikan Hetty tidak hanya untuk akses jalan saja, tetapi Ketum Persit KCK itu juga banyak memberi bingkisan untuk warga di kawasan Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Jawa Timur itu.

Mereka di antaranya Maimunah, warga kampung berusia 53 tahun yang menderita sakit karena lumpuh selama 9 tahun.

"Alhamdulillah, sudah hampir 70 persen, ya, sembuhlah. Karena diikutkan terapi, sudah bisa berjalan," kata Sigit.

Kampung yang sudah ada sejak 1999, berada tepat di bawah Tol Dupak yang menjadi penghubung Surabaya-Gresik.

Sejumlah warga yang menempati bilik-bilik yang ada di kolong tol tersebut tak luput disambangi bansos yang diserahkan langsung oleh Hetty.

Menurut Sigit, sikap Hetty menimbulkan rasa salut warganya terhadap istri Jenderal TNI Andika Perkasa itu.

"Mungkin karena tak terlihat sama sekali mimik risih yang muncul dari Ibu Hetty sewaktu berada di bawah kolongan tol," pungkas Sigit.

Baca juga: Hetty Andika Perkasa cukupi pangan lansia di Magelang selama setahun

Hetty memang sempat melangsungkan bakti sosial di Kampung 1001 Malam demi membantu masyarakat kurang mampu di kawasan tersebut yang terkena dampak langsung pandemi COVID-19.

Selain baksos, Ketum Persit KCK juga memberikan bantuan donasi pembangunan jalan kampung untuk mempermudah akses masyarakat untuk berlalu-lalang.

"Jadi, warga Kampung 1001 Malam ini butuh jalanan supaya pas hujan enggak becek, licin, jatuh ke jurang, ya. Perlunya Rp12 juta untuk ini. Saya kasih Rp12 juta, jadiin jalanannya," kata Hetty.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020