Warga Senen bongkar 53 bangunan di saluran air Poncol

Warga Senen bongkar 53 bangunan di saluran air Poncol

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengecek Saluran PHB Poncol, Rabu (11/11/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Warga di Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat membongkar 53 bangunan kios karena dinilai mengganggu saluran air penghubungan (PHB) Poncol guna mencegah banjir di musim penghujan.

"Kemarin itu banyak sampah, bangunan banyak menjorok ke saluran ini. Dari 150 bangunan baru 53 bangunan yang sudah dibongkar sendiri dan akan diikuti warga lainnya," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting, di Jakarta, Rabu.

Pembongkaran bangunan-bangunan kios itu dipantau langsung oleh kedua pejabat itu.

Menurut dia, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari RT, RW dan FKDM bahwa mereka setuju dilakukan pembongkaran.

"Kita bukan membongkar kios tapi bongkar bangunan yang menjorok ke badan Kali Poncol," ujar Irwandi saat ditemui di dekat Saluran PHB Poncol itu.

Berdasarkan pantauan ANTARA, memang masih banyak bangunan yang melebihi batas dan melewati saluran PHB Poncol.

Kios-kios yang berdiri di dekat saluran itu merupakan kios yang bergerak di bidang percetakan dan sablon spanduk.

Irwandi mengatakan 97 bangunan yang belum dibongkar diberi tenggat waktu hingga 21 November 2020 untuk dibongkar langsung oleh warga.

Tenggat waktu yang diberikan oleh Pemkot Jakarta Pusat itu disesuaikan dengan rencana Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Senen untuk membersihkan saluran PHB Poncol agar aliran air menjadi lancar.

"Kita kasih tenggat waktu sampai 21 November pembongkaran bangunan yang menjorok ke atas kali. Kita akan kerjakan ini bersih semuanya," kata Irwandi.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Senen Rohman mengatakan pihaknya akan membersihkan saluran PHB Poncol dengan menurunkan 80 orang personel.

"Saluran PHB Poncol ini panjangnya 948 meter yang sudah dikerjakan baru 254 meter. Ini rencananya tanggal 21 November akan diterjunkan petugas untuk pengerjaan di sini (Saluran PHB Poncol)," ujar Rohman.

Baca juga: Warga diimbau bongkar bangunan yang ganggu saluran di Kali Poncol
Baca juga: Jakarta Pusat siap hadapi banjir


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020