Surabaya (ANTARA) - Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Avando Bastari membagikan sedikitnya 200 alat pelindung diri (APD) kepada warga Morokrembangan, Surabaya, Jatim, sebagai bagian kegiatan pengabdian masyarakat.

"Pembagian APD ini adalah salah satu program pengabdian masyarakat yang dilakukan STTAL di tengah pandemi COVID-19, sebab kegiatan ini menyesuaikan situasi," kata Avando, usai melakukan pembagian APD di Gedung Marore Lantai II Kampus STTAL Bumimoro, Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan bantuan ini juga sebagai upaya partisipasi dalam mendukung program pemerintah menekan dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kami tidak hanya memberikan ratusan APD, tapi mengedukasi masyarakat Morokrembangan terkait pentingnya pola hidup sehat di tengah situasi seperti saat ini, dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah sebagai upaya ketahanan pangan," kata Avando, menjelaskan.

Baca juga: ACT-BI salurkan APD tenaga kesehatan

Baca juga: Pertamina gelontorkan ribuan APD di dua RS Surabaya


Ratusan APD itu juga diberikan kepada Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Ramelan, RS Dr Oepomo, Puskesmas Krembangan, RS dr Soekantyo Jahja serta Kesatuan Kesehatan Kodiklatal Surabaya.

Camat Krembangan Surabaya, Agus Tjahyono mengapresiasi bantuan APD yang diberikan STTAL kepada masyarakat, hal ini mendorong kesadaran masyarakat sehingga diharapkan mampu menekan penyebaran COVID-19.

"Kami bersama para pemegang kebijakan Kota Surabaya juga terus berusaha menekan penyebaran COVID-19 dan menjadikan setiap kecamatan memasuki zona hijau," katanya.

Ia berharap bantuan APD dari STTAL ini dapat mengedukasi masyarakat sehingga patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin.

Sementara itu, rencananya STTAL juga akan melakukan kegiatan penyemprotan di Masjid Al-Ikhlas Krembangan Surabaya, Gereja GKJW Surabaya, Pura Jagat Kirana Surabaya pada Kamis (12/11).*

Baca juga: Kadin salurkan bantuan APD senilai Rp5 miliar ke 10 RS di Jatim

Baca juga: Satgas Tanggap COVID-19 BUMN bantu APD ke Pemprov Jatim

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020