Yogyakarta (ANTARA) - Sekitar 50 persen dari total kasus aktif COVID-19 di Kota Yogyakarta terjadi di Kecamatan Umbulharjo yang didominasi oleh penularan baik dalam keluarga maupun dari perjalanan luar daerah.
 

“Kebanyakan masih disebabkan penularan dalam keluarga. Biasanya, rentetan temuan kasusnya cukup banyak, bisa tiga hingga lima orang sekaligus,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu.
 

Berdasarkan data corona.jogjakota.go.id, pada Rabu (11/11) terdapat tambahan lima kasus terkonfirmasi positif, dua pasien sembuh, dan satu pasien meninggal dunia sehingga saat ini terdapat 55 kasus positif aktif di Kota Yogyakarta. Sebanyak 25 di antaranya adalah warga Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.
 

Menurut dia, banyaknya konfirmasi kasus positif di Kecamatan Umbulharjo tersebut juga tidak terlepas dari kondisi demografis wilayah karena kecamatan tersebut memiliki luas wilayah yang cukup besar dengan jumlah penduduk yang banyak.
 

Oleh karenanya, Heroe meminta wilayah untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan tenaga surveillance diminta memperluas cakupan pemantauan.
 

“Hal serupa sudah kami tekankan untuk Kecamatan Mantrijeron. Kebetulan kecamatan tersebut berbatasan dengan kabupaten lain dan ada peningkatan kasus di wilayah perbatasan,” katanya.
 

Secara umum, lanjut Heroe, tidak ada satu rangkaian kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Yogyakarta yang berasal dari satu klaster besar.
 

“Sampai saat ini, kami pun masih mencermati apakah terjadi kenaikan kasus akibat libur panjang akhir Oktober. Dan sejauh ini, belum ada kasus yang penyebabnya bisa dikaitkan dengan libur panjang kemarin,” katanya.
 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, pencegahan penularan di keluarga dapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan di rumah.
 

“Protokol 3M harus dipatuhi yaitu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun serta dilengkapi dengan mendisinfeksi barang-barang yang sering disentuh,” katanya.
 

Selain itu, lanjut dia, setiap anggota keluarga juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin, olah raga rutin 30 menit setiap hari, makan makanan bergizi seimbang, dan biasakan menggunakan peralatan makan serta minum sendiri-sendiri.
 

Sementara itu, dari 14 kecamatan di Kota Yogyakarta, terdapat tiga kecamatan tidak memiliki kasus positif aktif yaitu Wirobrajan, Danurejan, dan Kraton.

Baca juga: Yogyakarta terus bagikan alat disinfeksi untuk cegah persebaran corona

Baca juga: Balai Kota Yogyakarta percontohan protokol kesehatan perkantoran

Baca juga: Sultan HB X tidak ingin warganya takut mencari nafkah karena COVID-19


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020