Saya kira tak perlu ada pertandingan seperti ini
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Belanda Frank de Boer mempertanyakan perlunya pertandingan persahabatan internasional dalam kalender yang sudah padat ini setelah dia kehilangan dua pemain karena cedera saat imbang 1-1 melawan Spanyol kemarin.

Bek tengah Nathan Ake harus dikeluarkan sejak awal pertandingan karena cedera otot dan akan segera kembali ke Manchester City sehingga absen dalam pertandingan Nations League melawan Bosnia dan Polandia.

Sedangkan bek kanan Hans Hateboer dikeluarkan pada babak pertama, membentur kepala pemain Spanyol Jose Gaya yang harus segera ditarik dari tim asuhan Luis Enrique.

Baca juga: Gol Van de Beek selamatkan Belanda dari kekalahan atas Spanyol

"Saya kira tak perlu ada pertandingan seperti ini," kata De Boer dalam konferensi pers seperti dikutip Reuters, Kamis.

"Uang memang sangat penting tetapi kami juga harus menjaga para pemain kami. Semua pihak yang berkepentingan perlu duduk berbicara karena kesehatan pemain-pemain kami itu penting."

Mengingat musim domestik di seluruh Eropa diawali sebulan lebih lambat dari biasanya gara-gara pandemi COVID-19, timnas harus memainkan tiga pertandingan, bukan dua pertandingan dalam dua pekan seperti biasanya.

Baca juga: Bergwijn cedera, keluar dari skuat Belanda
Baca juga: Wijnaldum sandang ban kapten timnas Belanda, Krul kiper pertama

Klub-klub juga berada di bawah tekanan yang lebih besar karena musim yang dipersingkat di mana tim-tim yang turun berlaga pada Liga Champions dan Liga Europa dipaksa memainkan tiga pertandingan Eropa dalam tiga pekan.

Kritik De Boer terhadap jadwal pertandingan muncul setelah bek Liverpool Joe Gomez mengalami cedera lutut saat latihan di Inggris pada Rabu menjelang pertandingan persahabatan melawan Irlandia sehingga mendorong pelatih Gareth Southgate berbicara tentang tuntutan yang harus dipikul pemain.

"Gambaran yang lebih besarnya di sini adalah semua orang dalam olah raga ini mesti bekerja sama," kata Southgate.

Baca juga: Debut de Boer jadi pelatih Belanda ditandai kekalahan dari Meksiko
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020