Pesan saya kepada bapak Kades dan masyarakat khususnya para siswa untuk menjaga dengan baik infrastruktur yang dibangun, ini masa depan dan memanfaatkannya dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, menegaskan komitmen pemerintah untuk memperkuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

"Bahkan dengan kejadian darurat COVID-19 ini justru transformasi itu mendapat angin baru, angin segar yaitu akselerasi, percepatannya. Dalam rangka akselerasi transformasi digital ini maka tentu yang pertama yang harus kita selesaikan adalah tersedia dan tergelar dengan baik infrastruktur TIK secara merata di seluruh Tanah Air," ujar Menteri Johnny, dalam pernyataan pers Kominfo, Kamis.

Menteri Johnny mengatakan bahwa secara umum di Provinsi NTT masih ada 427 desa yang belum tersedia sinyal 4G untuk wilayah 3T yang tentu termasuk di dalam pembangunan 2021 dan 2022 nanti.

Baca juga: Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

Kali ini, untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka mendukung destinasi wisata super prioritas, Kominfo memberikan dukungan yang kuat melalui BLU BAKTI dengan 18 BTS, ditambah dengan BTS 4G lainnya yang dibangun oleh operator seluler.

Kepada masyarakat NTT, khususnya yang berada di DPSP Desa Komodo, Kabupaten Manggaraai Barat, Menteri Kominfo mendorong agar memanfaatkan infrastruktur yang disediakan dengan baik.

"Pesan saya kepada bapak Kades dan masyarakat khususnya para siswa untuk menjaga dengan baik infrastruktur yang dibangun, ini masa depan dan memanfaatkannya dengan baik," kata Menkominfo.

Baca juga: Menkominfo: UU Cipta Kerja dukung UMKM

Lebih lanjut, Menteri Johnny juga mengapresiasi upaya masyarakat yang sudah menggunakan akses internet di kantor desa. Dia mengatakan akses internet tidak saja untuk pelayanan pemerintahan desa tapi juga aktivitas masyarakat.

"Akses internet WiFi maupun BTS disediakan tidak saja untuk pelayanan pemerintahan tapi juga aktifitas masyarakat, baik aktivitas ekonomi, pendidikan, kesehatan dan aktivitas lainnya sehingga ini harus kita manfaatkan untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama kita semuanya," dia melanjutkan.

Baca juga: Kominfo apresiasi platform digital dorong perkembangan UMKM

Bangun BTS 4G

Sementara itu, pada 2020, Kementerian Kominfo melalui BLU BAKTI telah membangun 1.209 BTS aktif dan untuk bisa aktif tentu harus bisa bekerja bersama mitra kerja operator seluler.

Untuk itu, Menkominfo juga memberikan apresiasi kepada para operator seluler yang pro aktif memastikan BTS pasif yang dibangun Kominfo menjadi aktif dengan tersedia dan tergelarnya sinyal 4G.

Menteri Johnny menegaskan, kebijakan Kementerian Kominfo dalam membangun BTS 4G sebagai basis transformasi digital yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dari 3G, sehingga mulai dari sekarang pembangunan infrastruktur tik yang ada adalah 4G.

Baca juga: Indonesia terapkan tiga skema pendanaan bangun infrastruktur digital

Selain itu, menurut Menteri Kominfo, pada tahun 2021 nanti Kementerian Kominfo juga akan membangun 4.200 BTS 4G di seluruh Indonesia di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

Selanjutnya, pada 2022 akan dibangun 3.704 BTS 4G sehingga keseluruhannya berjumlah 9.113 BTS pasif, dan dalam kerja sama dengan operator seluler akan menjadi aktif tersedianya sinyal 4G secara merata di seluruh wilayah 3T.

"Dalam kerja sama dengan operator seluler untuk wilayah non 3T atau wilayah komersial, saya tentu berharap kerja sama ini secara simultan kita bisa menyelesaikan 3.435 BTS untuk 3.435 desa di wilayah non 3T atau wilayah komersial yang menjadi area atau wilayah penugasan bagi operator seluler," ujar Menkominfo.

Menteri Johnny berharap mitra operator seluler secara bersama-sama pada tahun 2022 nanti seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah tersedia BTS sinyal 4G yang memadai, sehingga untuk mendukung akselerasi transformasi digital bisa dilakukan.

Baca juga: Menkominfo: Vaksin COVID-19 untuk semua warga negara Indonesia

Baca juga: Kominfo gandeng perusahaan teknologi untuk Digital Talent Scholarship

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020