Pertamina perluas program langit biru ke 11 kabupaten/kota di Jatim

Pertamina perluas program langit biru ke 11 kabupaten/kota di Jatim

Program Langit Biru Pertamina memberi customer experience bagi kalangan pengendara roda dua, roda tiga, angkutan umum kota (angkot) dan taksi plat kuning. ANTARA/HO-Pertamina

Surabaya (ANTARA) - Pertamina memperluas Program Langit Biru (PLB) di Jatim dari awalnya diterapkan di 5 kabupaten/kota menjadi 11 kabupaten/kota sebagai bentuk edukasi dan dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Section Head Communication & Relation Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi di Surabaya, Jumat menjelaskan, PLB adalah pemberian promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium yaitu Rp6.450 per liter, yang kini berlaku di 211 SPBU bertanda khusus promo di sebelas wilayah.

"Tujuan program ini adalah mengurangi pencemaran udara, yang dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya, dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan," katanya.

Baca juga: Pertamina sebut Proyek Langit Biru Cilacap dorong kemandirian energi

Sementara itu, lima kabupaten/kota yang telah memberlakukan PLB terlebih dahulu masing-masing Kabupaten Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Banyuwangi, dan Kota Malang.

Kemudian disusul 11 kabupaten/kota yang berlaku secara bertahap, seperti Kota Surabaya sebanyak 61 SPBU, Kabupaten Sidoarjo 46 SPBU, di Kabupaten Tuban 6 SPBU, dan Kabupaten Malang 34 SPBU yang akan dimulai pada hari Sabtu (14/11).

Setelah itu Minggu (15/11) yaitu Kota Probolinggo sebanyak 5 SPBU, Kota Situbondo 10 SPBU, Kota Lumajang 7 SPBU, Kabupaten Trenggalek 9 SPBU, Kabupaten Tulungagung 28 SPBU, Kabupaten Pacitan 2 SPBU, Kota Blitar 3 SPBU.

Baca juga: Uji emisi di Jakarta Selatan diikuti 421 kendaraan

Ahad menjelaskan, PLB berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua, roda tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning, selain kendaraan bermotor tersebut tidak berlaku.

"Kami harapkan ini menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas. Selain itu, dengan harga khusus, kami mengajak pengendara mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga," ujarnya.

Baca juga: Langit biru Jakarta
Baca juga: Karnaval Jakarta Langit Biru cetak rekor MURI
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020