Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Racing Point Lance Stroll merayakan pole position perdananya setelah tampil tercepat di sesi kualifikasi Grand Prix Turki yang diguyur hujan deras pada Sabtu sekaligus mengakhiri rentetan posisi start terdepan Mercedes di 13 balapan musim ini.

Stroll, 22, menjadi pebalap Kanada pertama yang meraih pole position sejak juara dunia Jacquez Villeneuve di Grand Prix Eropa 1997.

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen, yang dominan di ketiga sesi latihan bebas, akan start dari P2 di samping Stroll di baris terdepan di saat pebalap Racing Point lainnya, Sergio Perez, menempati P3.

Baca juga: Verstappen dominan sapu bersih sesi latihan GP Turki
Baca juga: Verstappen belum terkalahkan hingga FP2 Grand Prix Turki


Sesi kualifikasi sempat tertunda hujan deras yang memperparah kondisi aspal baru trek Istanbul Park yang terbukti licin dan memiliki daya cengkeram rendah ketika kering.

Racing Point tidak terlihat terlalu kompetitif di sesi latihan terakhir namun ketika di sesi Q3 kedua mobil mereka tampil cepat apalagi ketika menggunakan ban intermediate.

"Yes, yes, yes boys," teriak Stroll di radio. "Aku sangat senang. Ini masa yang sulit, tapi ini sangat bagus,"

Kejutan di kualifikasi itu datang setelah beberapa pekan yang berat yang dialami Stroll, ketika ia melewatkan Grand Prix Eifel di Jerman dan kedapatan positif COVID-19 di hari berikutnya.

"Aku tak bisa berkata kata sekarang. Aku syok. Aku tidak mengira bisa di sini," kata Stroll seperti dikutip Reuters.

"Aku punya kepercayaan diri dengan mobil ini dan melibas hampir setiap tikungan dengan baik. Senang rasanya bisa bangkit setelah beberapa pekan yang berat, jadi ini terasa sangat baik.

"Ini momen spesial bagiku, salah satu peristiwa terpenting di karirku.

Juara dunia enam kali Lewis Hamilton hanya mampu mengamankan posisi start keenam di balapan yang menjadi peluangnya mengunci gelar ketujuhnya. Sedangkan rekan satu timnya di Mercedes, Valtteri Bottas akan start dari P9, dan untuk pertama kalinya musim ini bukan Hamilton maupun Bottas yang start dari pole position.

Bottas harus mencetak sedikitnya delapan poin lebih banyak dari Hamilton jika ingin masih dalam perebutan gelar juara dunia dengan tiga seri tersisa setelah balapan pada Minggu nanti.

Renault mendapati kedua pebalapnya, Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon finis P5 dan P7 setelah kalah cepat dari Alexander Albon, yang mendapatkan tekanan dari Red Bull untuk membuktikan dirinya demi mempertahankan bangkunya di tim itu musim depan.

Sedangkan Kimi Raikkonen dan rekan satu timnya, Antonio Giovinazzi membawa Alfa Romeo lolos ke Q3 untuk pertama kalinya musim ini dan bakal start dari P8 dan P10.

McLaren gagal lolos ke Q3 saat Lando Norris dan Carlos Sainz hanya mampu finis P11 dan P13. Demikian pula duet Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc yang bakal start dari P12 dan P14.

Pebalap tim Williams George Russell finis P18 di kualifikasi tapi ia akan harus start balapan dari posisi paling belakang menyusul penalti mundur posisi grid karena melebihi alokasi mesin yang diizinkan musim ini.


Hasil kualifikasi Grand Prix Turki
1 Lance Stroll BWT Racing Point F1 Team 1m 47,765
2 Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing 1m 48,055
3 Sergio Perez BWT Racing Point F1 Team 1m 49,321
4 Alexander Albon Aston Martin Red Bull Racing 1m 50,448
5 Daniel Ricciardo Renault F1 Team 1m 51,595
6 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 52,560
7 Esteban Ocon Renault F1 Team 1m 52,622
8 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen 1m 52,745
9 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 53,258
10 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen 1m 57,226
11 Lando Norris McLaren F1 Team
12 Sebastian Vettel Scuderia Ferrari
13 Carlos Sainz McLaren F1 Team
14 Charles Leclerc Scuderia Ferrari
15 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda
16 Kevin Magnussen Haas F1 Team
17 Daniil Kvyat Scuderia AlphaTauri Honda
18 George Russell Williams Racing
19 Romain Grosjean Haas F1 Team
20 Nicholas Latifi Williams Racing

Baca juga: Verstappen pilih patah leher di GP Turki daripada ditertawakan ayah
Baca juga: Titel ketujuh di depan mata Hamilton ketika F1 kembali ke Turki
Baca juga: Formula 1 rilis kalender provisional 2021 dengan rekor 23 balapan

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020