Mentok, Babel (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan program Betason untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020.

"Kegiatan Betason dengan mendatangi langsung kumpulan warga untuk menyosialisasikan pilkada kami harapkan bisa meningkatkan kesadaran untuk memilih," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Yulizar di Mentok, Minggu.

Baca juga: KPU Bangka Barat "natak kampung" tingkatkan partisipasi pemilih pemula

Kegiatan Betason merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan para petugas KPU bertemu dan berbicara langsung dengan warga guna membahas berbagai permasalahan kepemiluan.

Betason sebagai sarana sosialisasi sekaligus pendidikan politik, biasanya berlangsung santai di tempat-tempat berkumpulnya warga.

"Kegiatan ini kami lakukan rutin dengan mendatangi lokasi warga berkumpul, seperti warung kopi, objek wisata dan lainnya," katanya.

Baca juga: Kapolres Bangka Barat tinjau lokasi TPS terjauh

Selain datang langsung ke lokasi keramaian, KPU juga sudah beberapa kali mengundang komunitas atau kelompok masyarakat untuk diberikan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020.

"Beberapa hari lalu kami mengundang komunitas ojek di Mentok, selain sosialisasi juga membagikan rompi," katanya.

Kegiatan Betason dilakukan sebagai wujud semangat penyelenggara untuk mewujudkan target pencapaian partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Baca juga: KPU cermati data pemilih hindari sengketa Pilkada 2020

"Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kami untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu sekaligus mengingatkan pemilih agar mematuhi protokol kesehatan saat memilih," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020