Komunitas RailFans Sumut sosialisasikan 3M

Komunitas RailFans Sumut sosialisasikan 3M

Tim DR1RF berfoto bersama usai sosialisasi 3M di salah satu perlintasan rel KA di Medan. ANTARA/DR1RF.

Medan (ANTARA) - Komunitas peduli kereta api, DR1RF (Divre 1 RailFans) turut menyosialisasikan program 3M yakni kampanye protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak kepada pengendara jalan, khususnya di kawasan perlintasan dan stasiun kereta api.

"Komitmen sosialisasi 3M untuk membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19 khususnya di sektor transportasi," ujar salah satu anggota RailFans, Hagi Hidayattullah
‌di Medan, Minggu (15/11).

Sosialisasi 3 M dilakukan komunitas itu dengan membagi-bagikan masker dan pemberian brosur dan spanduk yang mengingatkan soal 3M itu.

Lokasi sosialisasi dilakukan di perlintasan KA dan tempat keramaian serta stasiun KA.

Menurut dia, sosialisasi 3M dinilai pas dengan kepedulian komunitas terhadap keamanan dan keselamatan di sektor transportasi khususnya kereta api.

"Transportasi merupakan salah satu yang rawan dengan penyebaran COVID-19 sehingga memang harus benar-benar mendapat perhatian serius," katanya.

Langkah komunitas yang terbentuk sejak 2009 itu didukung penuh oleh PT Kereta Api Divre 1 Sumut.

Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono mengakui mendukung dan termasuk sering melibatkan RailFans untuk sosialisasi 3M maupun. keselamatan di perlintasan KA.

"KAI Sumut berharap pandemi COVID-19 segera berlalu sehingga perlu dukungan kuat dari masyarakat untuk menekan penyebaran virus itu, " katanya.

Belum lama ini, misalnya, kata dia, KAI Sumut mengajak RailFans untuk membagi-bagikan masker di perlintasan KA di Medan dan Stasiun KA Medan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah menyebutkan, sosialisasi 3M memang masih terus diperlukan karena angka terkonfirmasi COVID-19 juga masih bertambah.

Untuk itu, katanya, Satgas Penanganan COVID-19 Sumut. mengapresiasi semua kalangan menyosialisasikan 3M.

"Menjalankan protokol kesehatan tetap harus dilakukan masyarakat agar angka terpapar dan meninggal akibat COVID-19 bisa ditekan terus, " katanya.

Hingga 15 November, jumlah pasien terkonfirmasi di Sumut sebanyak 14.293 setelah ada penambahan dalam satu hari sebanyak 85 orang.

#satgascovid19
#ingatpesanibu

 

Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020