Situasi pandemi yang saat ini melanda juga dinilai turut mempengaruhi kenaikan tren berbelanja secara online
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pengiriman yang fokus pada layanan e-commerce mencatat kenaikan trafik pengiriman paket hingga mencapai 11 juta pengiriman pada momentum festival hari belanja online 11.11.

"Dengan capaian 11 juta paket di momen Harbolnas 11.11 yang bertambah 83 persen dibanding 11.11 tahun sebelumnya merupakan suatu langkah besar bagi kami dalam mencapai proyeksi target pengiriman kami pada akhir tahun," kata CEO J&T Express Robin Lo dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Menurut Robin, sebanyak 70 persen dari 11 juta pengiriman berasal dari pake e-commerce yang menunjukkan tren berbelanja online telah menjadi pilihan masyarakat terutama generasi muda sejak memasuki era digitalisasi.

Ditambah situasi pandemi yang saat ini melanda juga dinilai turut mempengaruhi kenaikan tren berbelanja secara online di berbagai kalangan masyarakat.

Meski peningkatan trafik pengiriman terjadi secara signifikan di masa Harbolnas yang sekaligus diiringi oleh pandemi yang masih berlangsung, Robin meyakinkan masyarakat paket yang dikirim dalam keadaan aman dengan adanya protokol disinfeksi seluruh paket, gudang sortir, mesin sortir serta protokol kesehatan yang diterapkan dan wajib dipatuhi oleh seluruh karyawan perusahaan.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mengantisipasi adanya peningkatan di masa peak season dengan menyiapkan berbagai persiapan dimulai dari penambahan sumber daya manusia, armada, gudang sortir serta perlengkapan lainnya demi menunjang permintaan yang tinggi di hari belanja nasional ini.

Penggunaan mesin sortir otomatis serta fasilitas regulated agent juga dimaksimalkan demi efisiensi waktu distribusi paket kepada para pelanggan.

Robin menuturkan persiapan untuk menghadapi peak season telah dilakukan dua hingga tiga bulan sebelumnya dan dilakukan setiap kali memasuki masa peak season seperti Harbolnas dan Idul Fitri.

"Kapasitas seperti gudang sortir serta mesin sortir otomatis selalu kami persiapkan melebihi perkiraan pengiriman J&T Express per harinya demi menunjang permintaan masyarakat yang kian meningkat setiap tahun," katanya.

Baca juga: Sejarah 11.11, mulai dari "Single's Day" hingga pesta diskon
Baca juga: JD.id raup peningkatan penjualan 100 persen selama kampanye 10.10

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020