Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah sembilan orang

Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah sembilan orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia saat menyampaikan penambahan kasus COVID-19 di Simpang Empat, Rabu (18/11). ANTARA/Atlas Maulana

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) kembali bertambah sembilan orang, Rabu.

"Dengan bertambahnya sembilan orang maka jumlah kasus positif meningkat menjadi 220 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan dari 220 kasus itu, 166 orang sembuh, meninggal dunia 15 orang dan 38 orang masih positif dan menjalani isolasi dan karantina.

Menurutnya penambahan sembilan orang itu berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand pada Rabu (18/11).

Baca juga: 126 orang pasien COVID-19 di Pasaman Barat sembuh

Sembilan orang itu adalah laki-laki inisial E (50), warga Jorong Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan kontak erat dengan pasien konfirmasi positif sebelumnya. Pasien juga merupakan pasien konfirmasi positif kasus infeksi berulang.

Kemudian perempuan inisial S (38) warga Jorong Sukamenanti Kecamatan Pasaman yang merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.

Perempuan inisial SFM (47), warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman, perempuan inisial DF (38 ), warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman dan laki-laki inisial DA (46), warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman.

Selanjutnya perempuan YN (39), warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman, laki-laki inisial MA (34) warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman.

Baca juga: Dua orang warga Pasaman Barat positif COVID-19 meninggal dunia

Kemudian perempuan inisial MH (37) dan perempuan WDR (13) warga Jorong Padang Halaban Kecamatan Sasak Ranah Pasisie merupakan pasien Suspek COVID-19 dan diduga kontak dengan kasus positif.

"Saat ini seluruh pasien konfirmasi positif melakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan diisolasi di RSUD Pasaman Barat, RS Yarsi Simpang Empat dan Diklat BKPSDM Talu," jelasnya.

Pihaknya saat ini sudah melaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau tracking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengajak kerja sama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu bersikap koperatif serta selalu bersikap tenang.

Ia meminta dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bekerja sama membasmi penyebaran COVID-19 dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Mari rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya.

Baca juga: Satu orang anggota Polres Pasaman Barat kembali positif COVID-19
Baca juga: Seorang tenaga kesehatan di Pasaman Barat positif terjangkit COVID-19
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020