Korem 133 Gorontalo tanam tumbuhan cegah erosi

Korem 133 Gorontalo tanam tumbuhan cegah erosi

Sejumlah personel Korem 133/Nani Wartabone melakukan penanaman tumbuhan akar wangi untuk mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor di Kelurahan Bionga, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. ANTARA/HO

Gorontalo (ANTARA) - Korem 133/Nani Wartabone melakukan penanaman tumbuhan akar wangi untuk mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor di Kelurahan Bionga, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Seksi Teritorial Kasrem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Marthen Pasunda di Gorontalo, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari pembinaan lingkungan hidup dengan tema "Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa".

"Ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap pentingnya penanaman rumput tersebut secara berkelanjutan untuk pelestarian lingkungan," ujar Marthen.

Baca juga: Peneliti LIPI: Tanaman vetiver mampu cegah longsor dan erosi

Baca juga: YABN bantu tangani lahan kritis melalui penanaman pohon bambu


Ia menjelaskan, penanaman rumput tersebut sangat cocok untuk menambah, meningkatkan upaya dalam mencegah erosi serta tanah longsor, sebagaimana yang sering terjadi akhir-akhir ini di daerah itu.

"Danrem 133/Nani Wartabone juga berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, hendaknya bertanggung jawab penuh mulai dari proses penanaman, pemeliharaan sampai dengan upaya pengamanan terhadap tumbuhan yang telah ditanam," katanya.

Sementara itu, Kepala BPDAS Provinsi Gorontalo Heru Permana mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Korem 133/NW tersebut.

"Dalam penanaman ini, belum bisa kita rasakan manfaatnya, namun anak cucu kita nanti yang menuai hasilnya di masa akan datang," katanya.*

Baca juga: Amankan Benteng Anna dari erosi, Mukomuko ajukan bantuan pusat

Baca juga: Pakar simpulkan Masamba terbentuk dari proses erosi dan sedimentasi
Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020