Jakarta (ANTARA) - Republik Ceko meraih tiket promosi ke Divisi A UEFA Nations League sedangkan Slowakia terdegradasi ke Divisi C sebagai hasil klasemen akhir Divisi B Grup 2 (B2) yang memainkan laga pemungkas Rabu waktu setempat.

Ceko menjamu Slowakia di Stadion Doosan Arena, Plzen, dan memetik kemenangan meyakinkan 2-0 atas tamunya itu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sundulan Tomas Soucek membawa Ceko memimpin pada menit ke-17, sebelum Zdenek Ondrasek menggandakannya 10 menit memasuki babak kedua.

Baca juga: Slowakia stop tren nirkalah Skotlandia dan jaga asa hindari degradasi

Dalam pertandingan Grup B2 lainnya di Stadion Diamond, Netanya, Skotlandia membuang kesempatan besar untuk meraih tiket promosi karena kalah 0-1 melawan tuan rumah Israel.

Gol Manor Solomon satu menit menjelang turun minum tak mampu dibalas Skotlandia kendati Andy Robertson dkk terus menggempur pertahanan tuan rumah.

Hasil-hasil itu membuat Ceko menyalip Skotlandia dan berakhir menjadi juara Grup B2 dengan koleksi 12 poin berbekal keunggulan dua poin.

Sedangkan bagi Israel hasil itu juga kian memantapkan nasib mereka menghindari degradasi dan menempati urutan ketiga klasemen akhir dengan koleksi delapan poin, empat poin di atas Slowakia.

Baca juga: Austria pastikan promosi ke Divisi A UEFA Nations League

Dengan demikian, Ceko akan tampil pada Divisi A untuk edisi Nations League berikutnya yang berlangsung 2022/2023 sedangkan Slowakia terdegradasi ke Divisi C.

Ceko promosi ke Divisi A bersama juara-juara grup Divisi B lainnya yakni Austria, Hungaria dan Wales.

Baca juga: Inggris tutup kiprah di Nations League dengan libas Islandia 4-0
Baca juga: Belgia lolos empat besar Nations League setelah bekap Denmark 4-2
Baca juga: Italia ke empat besar setelah bungkam Bosnia, Belanda juga menang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020