BKKBN imbau keluarga Indonesia jaga kesehatan cegah COVID-19

BKKBN imbau keluarga Indonesia jaga kesehatan cegah COVID-19

Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN, Eli Kusnaeli saat membagikan paket sembako pada acara sosialisasi pembangunan keluarga di Pontianak, Selasa (24/11/2020) ANTARA/HO

Pontianak (ANTARA) - Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Eli Kusnaeli mengimbau agar keluarga-keluarga Indonesia tetap menjaga kesehatan dan terus beraktivitas agar tidak terpapar COVID-19.

"Seluruh keluarga di Kalbar walaupun pada masa pandemi COVID-19 harus tetap menggunakan alat kontrasepsi untuk menjaga komitmen mengatur jarak dan jumlah kelahiran agar terwujud keluarga sehat," kata Eli Kusnaeli saat menghadiri kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga dan seminar ketahanan keluarga serta pencegahan penyebaran COVID-19 di Pontianak, Selasa.

Baca juga: BKKBN: Big data landasan penting masa depan pembangunan

Dia menjelaskan, BKKBN dengan seluruh jajaran kesehatan siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik, serta sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga masyarakat diharapkan tidak ragu hadir ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kontrasepsi.

"Kami berharap setiap keluarga tetap semangat untuk terus berusaha memenuhi kebutuhan keluarga. Memang pada masa pandemi COVID-19 cukup berat dan banyak protokol kesehatan yang harus dipenuhi, tetapi hal tersebut tidak berarti harus menyerah, karena setiap orang mampu melakukan adaptasi," ujarnya.

Baca juga: BKKBN Jatim dapat Rp55 miliar cegah tingginya angka kehamilan

Dia menambahkan, selama tiga bulan pertama awal pandemi COVID-19 penggunaan kontrasepsi ada kecenderungan turun. Hal tersebut terjadi karena tenaga kesehatan harus mempersiapkan diri dengan protokol kesehatan, kemudian ada keraguan dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kontrasepsi.

"Untuk itu kami terus melakukan sosialisasi dan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai COVID-19 negatif tetapi hamil positif," kata Eli Kusnaeli.

Baca juga: BKKBN gandeng RS Hermina Pekanbaru layani PUS pasang alat kontrasepsi

Ia menambahkan, pada saat ini terpantau keluarga sudah mulai paham, dan rasa takut untuk hadir ke fasilitas kesehatan juga telah mulai berkurang, dan upaya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan BKKBN terus dilakukan.

"Masyarakat jangan takut kami akan melayani dengan kualitas yang baik sesuai protokol COVID-19, tenaga pelayanan, alat kontrasepsi juga siap," katanya.

 
Pewarta : Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020