Medan (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melepasliarkan orangutan Tapanuli (Pongo Tapanuliensis) di kawasan Cagar Alam Dolok Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Humas BBKSDA Sumut Andoko Hidayat dalam keterangan tertulis diterima di Medan, Selasa, menyebutkan orangutan tersebut sebelumnya dievakuasi dari Dusun Padang Bulan Desa Marsada Kecamatan Sipirok.

Baca juga: Rocky orangutan dilepasliarkan di TN Bukit Tiga Puluh Riau

Ia menyebutkan, evakuasi tersebut dilakukan BBKSDA Sumut bekerjasama dengan lembaga mitra kerja Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL)- Orangutan Informartion Center (OIC), Minggu (22/11).

Hasil pengamatan dan pengecekan tim memutuskan untuk melakukan evakuasi dengan cara menembak bius orangutan tersebut, mengingat lokasi ditemukannya satwa yang dilindungi itu sangat jauh dari kawasan hutan sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan penggiringan.

Baca juga: BKSDA-IARI translokasikan orangutan ke hutan rawa gambut Ketapang

"Setelah orangutan itu berhasil dievakuasi dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh drh Efi dari OIC.Hasil pemeriksaan kondisi orangutan diperkirakan berumur 35 tahun, dengan berat 63 kg, kondisi sehat dan layak untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya," ujar Andoko.

Sementara itu, orangutan Tapanuli merupakan spesies kera besar yang hanya ditemukan di hutan Tapanuli yang termasuk dalam wilayah tiga kabupaten (Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Utara).

Baca juga: BKSDA: Satu individu orangutan lahir di cagar alam Jantho

Sebahagian besar populasi orangutan Tapanuli tersebar di Blok Batang Toru Barat dan Batang Toru Timur, serta terdapat beberapa populasi kecil yang ditemukan Cagar Alam Dolok Sipirok, Suaka Alam Lubuk Raya dan Cagar Alam Dolok Sibual-buali.

Menurut KLHK (2019) populasi orangutan Tapanuli di wilayah Batangtoru Barat saat ini berjumlah 400-600 individu (termasuk Suaka Alam Lubuk Raya dan Cagar Alam Dolok Sibual-buali yang terpisah dari wilayah Blok Barat, diperkirakan populasinya kurang dari 50 individu).
Sedangkan, Batang Toru Timur berjumlah sekitar 150-160 individu. Populasi orangutan Tapanuli di Batang Toru adalah 577-760 individu.
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020