Surabaya bangun "bozem" di Putat Jaya untuk cegah banjir

Surabaya bangun

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat kerja bakti di kawasan Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Selasa (24/11/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya.

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur,  segera membangun "bozem" atau tempat penampungan air di sisi utara Rumah Kompos Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, untuk menampung limpahan air hujan guna mencegah banjir di daerah itu.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Rabu, mengatakan, pihaknya sudah meminta Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya Erna Purnawati membuat bozem untuk menampung aliran air dari saluran yang berasal dari perkampungan warga.

"Saya juga sudah menjelaskan kepada Ketua RT dan warga sekitar bahwa kita akan membuat bozem di tempat tersebut. Hal itu harus dilakukannya untuk mencegah genangan air yang ada di kawasan tersebut," katanya.

Baca juga: BPB Linmas Surabaya siapkan mitigasi bencana di 15 kecamatan

Menurut dia, nanti saluran-saluran air dari perkampungan warga akan dialirkan ke bozem atau danau buatan dan tidak lagi dialirkan ke saluran yang sudah ada sekarang, karena saluran itu sudah tidak bisa menampung semuanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan Wali Kota Risma melakukan berbagai upaya untuk mencegah genangan di musim penghujan tahun ini.

Baca juga: 15 kendaraan berat dikerahkan normalisasi Sungai Kalibokor Surabaya

Bahkan, lanjut dia, Wali Kota Risma rutin keliling ke berbagai titik di Kota Surabaya. Pada Selasa (24/11), Risma bekerja bakti bersama jajarannya mulai pagi hingga petang di kawasan Kecamatan Sawahan.

Selain bersih-bersih, Anna memastikan Wali Kota Risma menyusuri saluran untuk memastikan tidak ada saluran tersumbat hingga dapat menimbulkan genangan.

Baca juga: Surabaya giatkan pembersihan saluran air di perkampungan

Ia juga menjelaskan pada saat membersihkan berbagai saluran itu, yang banyak ditemukan adalah sampah-sampah botol plastik dan bungkus makanan.

"Makanya, saya memohon kepada warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan. Cukup banyak sampah yang kami dapatkan hari ini, sekitar 8 dump truck. Jadi, ayo bersama-sama menjaga lingkungan kita," katanya.

Baca juga: Risma minta kader kesehatan di Surabaya antisipasi cuaca ekstrem
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020