Lima SRU dikerahkan mencari korban tenggelam di Sidoarjo

Lima SRU dikerahkan mencari korban tenggelam di Sidoarjo

Pencarian korban tenggelam Sungai Buntung. ANTARA/SAR/IS.

Sidoarjo (ANTARA) -
Sebanyak lima SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan untuk mencari korban tenggelam bernama Dani Permana di sungai Buntung, desa Tawangsari, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu.
 
Kepala Seksi (Kasi) Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya I Wayan mengatakan lima SRU yang dikerahkan mencari korban ini terdiri dari empat SRU air dan satu SRU darat.
 
"SRU air pertama, yaitu tim dari Taifib Marinir berupaya mencari keberadaan korban dengan teknik menyelam di sekitar lokasi kejadian," katanya.
 
Ia mengemukakan, SRU air kedua dan ketiga melakukan pencarian korban di sisi kanan dan kiri sungai Buntung. Pencarian ini dilakukan dengan menggunakan dua unit perahu karet, menempuh jarak sekitar dua kilometer, yang dimulai dari lokasi kejadian ke Jembatan Menyanggong.
 
"Dan SRU air keempat memulai pencarian korban dari daerah jembatan Menyanggong hingga di daerah Medaeng. Selama pencarian dilakukan, kendala yang ditemukan SRU air, yaitu banyaknya tanaman yang tumbuh merambat hingga ke sungai, seperti eceng gondok," ujarnya.
 
Di beberapa lokasi yang dicurigai, seperti di bagian sungai yang banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok, SRU air melakukan manuver perahu karet secara bergantian. Manuver perahu ini dimaksudkan untuk menimbulkan gelombang air sungai.
"Gelombang air sungai yang besar dapat mengangkat korban ke permukaan jika posisi korban berada di dasar sungai atau tersangkut sesuatu di dalam air," ujarnya.
 
Pada saat yang bersamaan, SRU darat bergerak dari lokasi kejadian untuk melakukan penyisiran darat di sepanjang tepi Sungai Buntung. SRU darat juga menempatkan personel untuk melakukan pengamatan di beberapa lokasi yang dicurigai.
 
Unsur-unsur SAR yang terlibat dalam upaya pencarian korban ini, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, TAIFIB Marinir, Brimob Polda Jatim, BPBD Sidoarjo, Polsek Taman, Koramil Taman, Gerpik Rescue, RAPI, SEMAR, dan sejumlah potensi SAR lainnya.

Sebelumnya, korban Dani dilaporkan tenggelam di Sungai Buntung usai merayakan ulang tahun temannya. Korban dilaporkan tenggelam pada Selasa (24/11) sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Operasi SAR korban speedboat tenggelam di Banggai Laut nihil

Baca juga: Korban tengelam di embung Haulasi ditemukan meninggal
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020