Jsirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero), BUMN konstruksi dan investasi nasional, menyampaikan sampai pekan ketiga November 2020 progres pembangunan Sirkuit Mandalika, NTB, mencapai 32,50 persen sehingga optimistis dapat diselesaikan pada pertengahan 2021.

"Dibekali dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, Perseroan yakin dapat menghasilkan pembangunan jalan dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan standar internasional yang telah ditentukan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme atau FIM," kata Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Proyek pembangunan Jalan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika berlokasi di Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu memiliki nilai kontrak sebesar Rp899 miliar.

Baca juga: Seluruh infrastruktur KEK Mandalika diminta dipercepat


Baca juga: PP optimistis selesaikan pembangunan jalan KEK Mandalika


Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh Perseroan, antara lain pekerjaan aspal, track lane, verge & kerb, run off, inner & outer service road, hauraton drainage, concrete barrier, tunnel, gravel bed.

Pembangunan Jalan KEK Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 kilometer memiliki 17 tikungan diharapkan dapat menjadi pesaing utama pegelaran balap MotoGP di Buriram United International Circuit di Thailand.

Tahun depan, Indonesia dijadwalkan akan menjadi tuan rumah seri ke-15 MotoGP setelah sebelumnya diselenggarakan di Malaysia dan Thailand.


Baca juga: Kemendes kembangkan empat kabupaten untuk MotoGP Mandalika 2021

Pembangunan Jalan KEK Mandalika nantinya akan memiliki area paddock sampai dengan 40 garasi, lebih dari 50.000 kapasitas tempat duduk Grand Stand 138.000 area berdiri.

"Jalan KEK Mandalika merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan, lagoon dan pantai," kata Novel.

Kondisi tersebut, katanya, merupakan kekayaan alami yang terdapat di kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini. Selain itu, sirkuit ini juga akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan MotoGP.

Sampai saat ini, Perseroan terus mengebut pembangunan Jalan KEK Mandalika yang akan digunakan pada perhelatan akbar MotoGP dimana Indonesia secara resmi akan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut di tahun 2021 mendatang.


Baca juga: PT PP hingga Oktober raih kontrak baru sebesar Rp12,57 triliun

Baca juga: PT PP menjadi pioner dalam implementasi BIM di Indonesia

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020