BRI salurkan KUR super mikro Rp250 miliar di Bandar Lampung

BRI salurkan KUR super mikro Rp250 miliar di Bandar Lampung

Ilustrasi: Bank Kalsel kembali meluncurkan program kredit usaha rakyat berupa program KUR super mikro. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Bandar Lampung (ANTARA) - Bank BRI Kanwil Bandar Lampung hingga November ini telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro sebesar Rp250 miliar atau 114 persen dari plafon  yang diberikan oleh Kantor Pusat BRI.

"KUR super mikro tersebut sudah disalurkan kepada 2.133 debitur, dengan 60,61 persen di antaranya dimanfaatkan sebagai modal kerja," kata Wakil Pemimpin Wilayah BRI Bandar Lampung Sadmiadi, di Bandar Lampung, Kamis.

Ia menjelaskan KUR super mikro ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan KUR dan tidak sedang menikmati pinjaman komersial. KUR super mikro juga diprioritaskan untuk pekerja yang terkena PHK dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha.

Baca juga: Program web pasar BRI dorong perputaran ekonomi pasar rakyat

Menurutnya, KUR yang diberikan bertujuan untuk memberikan kredit kepada sektor-sektor UMKM dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi COVID-19.

BRI menyambut baik penugasan dari pemerintah untuk menyalurkan KUR dalam skala super mikro dengan plafon kuota sebesar Rp10 triliun.

KUR super mikro diberikan kepada penerima dengan plafon maksimal Rp10 juta untuk setiap penerima KUR. Bank BRI menargetkan 80 persen portofolio kredit disalurkan ke segmen UMKM.

Baca juga: Kanwil BRI Surabaya catat laba hingga Rp2,3 triliun

Kebijakan terkait penyaluran KUR super mikro ini telah diatur oleh Pemerintah dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor15 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permenko Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.

"BRI telah memiliki strategi agar penyaluran KUR, baik di segmen mikro dan super mikro, menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Kami telah melakukan transformasi digital untuk mencapai efisiensi proses dan menciptakan value baru dengan new business model,” jelas Sadmiadi.

Selain KUR super mikro, BRI juga menyalurkan KUR skala mikro dengan total kuota sebesar Rp120 triliun, KUR skala kecil sebesar Rp10 triliun dan KUR TKI sebesar Rp200 miliar. Total plafon KUR yang ditargetkan disalurkan BRI pada tahun ini sebesar Rp140,2 triliun.

Baca juga: Ketua Himbara ingatkan bank tetap hati-hati meski NPL rendah saat ini

 
Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020