Semen Baturaja-SIG dirikan pusat penelitian ICRI

Semen Baturaja-SIG dirikan pusat penelitian ICRI

Penandatangan nota kesepahaman antara PT Semen Baturaja dan SIG secara virtual, Kamis (26/11). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bekerjasama dengan Semen Indonesia Group (SIG) mendirikan Indonesia Cement Research Institute (ICRI) sebagai bentuk sinergi antarBUMN dalam menciptakan inovasi dan teknologi baru.

Penandatangan nota kesepahaman antara PT Semen Baturaja dan SIG ini dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Direktur Produksi & Pengembangan SMBR Daconi, Direktur Engineering & Project SIG Tri Abdisatrijo, Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan dan Direktur Produksi SIG Benny Wendry.

"Sejak hari ini Semen Baturaja dan SIG akan berjalan beriringan dalam kegiatan riset strategis untuk menciptakan produk yang inovatif, berteknologi tinggi dan ramah lingkungan, serta untuk meningkatkan efisiensi operasi dan cost leadership klaster semen," kata Daconi di Palembang, Kamis.

Indonesia Cement Research Institute (ICRI) ini dibentuk sebagai salah satu investasi jangka panjang dalam dunia usaha. Kebutuhan riset ini diharapkan dapat memberikan dampak kontribusi yang luas.

Pembentukan ICRI ini juga merupakan salah satu bentuk strategi perseroan sesuai dengan lima prioritas Kementerian BUMN dan inisiatif strategi SMBR 2020-2024.

Hasil yang akan dicapai melalui ICRI ini diharapkan akan membawa klaster semen di Indonesia menciptakan inovasi dan teknologi baru serta untuk meningkatkan efisiensi operasi serta sekaligus cost leadership Klaster yang akan membantu perseroan dalam mencapai target.

Sejauh ini, kinerja SMBR pada triwulan III (Juli – September) menunjukkan hasil positif dengan meraup laba Rp25 miliar.

Diharapkan dengan mulai menggeliatnya pasar dan dengan dilaksanakannya program efisiensi ini, kinerja tahun 2020 juga akan membukukan hasil yang positif.

‘’Semoga ke depannya, ICRI ini menjadi pusat riset semen dan building material terbaik di Indonesia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari semua pihak agar tujuan sinergi ini tercapai,” kata dia.

Baca juga: Semen Baturaja optimalisasi distribusi produk di tengah pandemi
Baca juga: Semen Baturaja genjot jual produk baru kejar target di semester II


 
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020