Seoul (ANTARA) - Menteri luar negeri Korea Selatan dan China pada Kamis berjanji untuk bekerja sama memajukan hubungan bilateral dan menangani masalah regional dan global, termasuk pembicaraan nuklir Korea Utara yang mandek dan pandemi COVID-19.

Menlu Korsel Kang Kyung-wha melakukan pembicaraan bilateral dengan mitranya Menlu China Wang Yi yang tiba di Seoul pada Rabu malam, setelah menghabiskan dua hari di Tokyo.

Dalam pertemuan itu, Wang Yi membahas dengan Kang Kyung-wha tentang rencana kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Seoul.

Wang mengatakan kunjungannya ke Seoul untuk menyoroti pentingnya hubungan bilateral Korsel-China karena kedua negara bekerja sama sebagai "mitra strategis" dalam mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional serta mempromosikan pemerintahan global.

"Krisis COVID-19 tidak dapat mengalahkan warga kedua negara kami," kata Wang kepada Kang melalui seorang penerjemah pada awal pertemuan.

"Hubungan bilateral (China-Korsel) telah berupaya mengatasi tantangan COVID-19 dan menunjukkan kekuatannya dan kekuatan hubungan yang lebih besar," ujar Wang.

Kang berterima kasih kepada Wang atas kunjungannya ke Seoul dan mengungkapkan harapan untuk selanjutnya dapat bertukar pandangan untuk memperdalam kerja sama dalam berbagai hal, termasuk soal Korea Utara, pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi menjelang peringatan 30 tahun hubungan bilateral China-Korsel pada 2022.

"Saya juga menantikan kesempatan untuk membahas cara-cara untuk mengelola secara stabil situasi yang berubah-ubah di semenanjung Korea dan untuk mendorong kondisi (yang kondusif) agar memajukan upaya kami dalam membangun perdamaian yang langgeng," kata Kang.

Pembicaraan antara Menlu Korsel dan China dilakukan saat kedua negara menjajaki kemungkinan Presiden Xi mengunjungi Seoul, bersamaan dengan saat Amerika Serikat bersiap untuk pemerintahan baru di bawah Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden.

Perjalanan Xi ke Seoul sebelumnya dijadwalkan pada awal tahun ini tetapi ditunda karena pandemi virus corona yang mengganggu jadwal pertemuan diplomatik.

Wang juga dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Korsel Moon Jae-in, di antara pejabat Korsel lainnya.

Wang adalah diplomat senior kedua China yang mengunjungi Korea Selatan sejak kasus virus corona dilaporkan di China pada akhir tahun lalu, menyusul perjalanan Yang Jiechi, anggota Politbiro Partai Komunis pada Agustus.

Baca juga: Diplomat China akan kunjungi Korsel bahas soal Korut dan corona
Baca juga: Menlu China akan kunjungi Korea Selatan, bahas virus corona
Baca juga: WHO: China dan Korea Selatan menunjukkan COVID-19 bisa dikendalikan

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020