Wagub Jabar ingatkan pentingnya penanaman Pancasila bagi milenial

Wagub Jabar ingatkan pentingnya penanaman Pancasila bagi milenial

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan pentingnya penanaman nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila kepada generasi milenial.

Uu Ruzhanul Ulum menekankan Pancasila adalah ideologi pemersatu bangsa yang selama ini menghindarkan bangsa Indonesia dari perpecahan.

"Pada tahun 2045 adalah era generasi milenial. Bagaimana nasib Pancasila pada tahun 2045 dan seterusnya? Semua ada di tangan usia milenial," kata Ruzhanul Ulum pada acara Institusionalisasi Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Jika generasi milenial tidak dibekali rasa nasionalisme, kebangsaan, dan patriotisme yang hebat, menurut Ruzhanul, Indonesia bisa mengalami perpecahan pada masa-masa akan datang.

"Kami khawatir cerita (hancurnya) Uni Soviet terjadi di Indonesia," kata Ruzhanul.

Baca juga: BPIP dukung rencana deklarasi Santri Pancasila di Jawa Barat

Oleh karena itu, kata dia, ideologi Pancasila terus ditanamkan kepada anak-anak muda.

Ruzhanul menyatakan sangat mendukung seluruh upaya yang dilakukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila.

"Oleh Karena itu, saya mendukung kegiatan BPIP ini. Kalau Indonesia tidak ada persatuan dan kesatuan, tidak akan ada kekuatan. Pancasila harus menjadi darah daging, sumber kehidupan, sumber hukum, dan lainnya, semuanya harus berpedoman kepada itu," katanya menjelaskan.

Ia menegaskan tidak ada satu pun sila dalam Pancasila yang bertentangan dengan ajaran agama mana pun.

Baca juga: Wagub Jabar dukung kegiatan institusionalisasi nilai Pancasila BPIP
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020