Serial web bisa jadi peluang perluas cerita dan karakter film

Serial web bisa jadi peluang perluas cerita dan karakter film

Kru dan pemain "Generasi 90-an Melankolia The Series" dalam jumpa pers virtual, Jumat (27/11/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Produser "Generasi 90an: Melankolia The Series" Sonny Laksamana mengatakan bahwa serial web (web series) dapat menjadi wadah baru untuk memperluas cerita hingga karakter film.

Menurut Sonny, format penyampaian cerita (storytelling) ini masih dinilai baru, sehingga masih cukup menantang untuk lebih dibuat awam kepada masyarakat.

"Challenge-nya di sini adalah kita terbiasa sama film sebagai media storytelling. Lalu, bagaimana bobot cerita dan karakternya bisa punya depth yang sama untuk disampaikan agar tidak kalah dengan media film," kata Sonny melalui jumpa pers virtual, Jumat.

Sependapat dengan Sonny, sutradara dan penulis naskah "Generasi 90an: Melankolia", Irfan Ramli, mengatakan bahwa membuat "dunia" yang berhubungan antara proyek "Generasi 90an: Melankolia" di format film dan serial cukup menantang.

Baca juga: Main di web series Ragnarok, Brandon Salim jadi ketagihan main game

"Challenge-nya juga bukan menciptakan kesinambungannya, tapi bagaimana ketika film atau serial itu bisa berdiri sendiri, walaupun kita hanya menonton salah satunya," kata Irfan.

"Itu yang lebih sulit. Karena sebagai dua produk dan media berbeda, ini akan saling melengkapi, tapi juga harus bisa berdiri terpisah," ujarnya menambahkan.

Ketika disinggung mengenai apakah serial merupakan salah satu cara untuk lebih mengenalkan karakter yang kompleks, Irfan tidak mengelak. Baginya, serial adalah wadah yang bagus untuk menyelami kedalaman tokoh.

Baca juga: Dion Wiyoko & Rianti Cartwright adu akting dalam web series

"Soal kompleksitas karakter, kita merasa ada ruang untuk perkenalkan, dalam hal ini Indah, sebagai tokoh yang loveable dan jadi trigger besar di filmnya," kata Irfan.

"Ini juga sesuatu yang menjadi pengantar audiens, bagaimana itu di-capture secara penuh di wahana lain, dan bisa ditonton sebagai pelengkap film maupun ketika berdiri sendiri," imbuhnya.

Sementara itu, "Generasi 90an: Melankolia" dipastikan akan hadir dengan format serial web terbatas (limited web series) 4 episode di kanal YouTube Toyota Indonesia.

Serial ini dibintangi Aghniny Haque (Indah), Roy Sungkono (Iqbal), Ari Irham (Abby) dan Taskya Namya (Sephia). "Generasi 90-an Melankolia The Series" hadir mulai 4 Desember, dan tayang di hari Jumat setiap minggunya.

Baca juga: Jakarta Fashion Week luncurkan web series pencarian JFW 2021 Icons

Baca juga: Luncurkan web series, BRI Life rangkul generasi milenial

Baca juga: Dennis Adhiswara adaptasi novel "Journal Of Terror" jadi web series
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020