Presiden Xi janjikan pendanaan tanggap COVID-19 di ASEAN

Presiden Xi janjikan pendanaan tanggap COVID-19 di ASEAN

The 8th Forum on China-ASEAN Technology Transfer and Collaborative Innovation. ANTARA/AsiaNet

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menjanjikan dukungan finansial untuk program Dana Tanggap COVID-19 di negara-negara anggota ASEAN.

China juga akan melatih 1.000 tenaga administrasi khusus di bidang kesehatan dan bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk menyiapkan cadangan kebutuhan medis di kawasan serta menyusun mekanisme pendampingan saat dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat, kata Xi dalam sambutannya pada acara China-ASEAN Expo di Nanning yang disampaikan melalui saluran video dari Beijing, Jumat.

Baca juga: Presiden Xi dijadwalkan buka China-ASEAN Expo

Menurut Xi, China pada tahun depan akan lebih terbuka sehingga akan memberikan lebih banyak manfaat secara ekonomi bagi negara-negara di dunia, termasuk negara anggota ASEAN.

Dalam kesempatan tersebut, Xi juga menekankan pentingnya memperdalam kerja sama dengan negara-negara ASEAN di bidang ekonomi digital yang meliputi pembangunan kota cerdas, jaringan telekomunikasi generasi kelima (5G), kecerdasan artifisial, e-dagang, mahadata, blockchain  dan telemedis.

China juga mengajak ASEAN untuk bersama-sama meningkatkan perlindungan keamanan data personal dan kebijakan telekomunikasi lainnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya menginginkan kerja sama dengan ASEAN dalam membangun koneksi digital Jalan Sutera.

Baca juga: ASEAN, China tingkatkan kerja sama ekonomi digital

Baca juga: Kerja sama media ASEAN-China diyakini mampu bangkitkan ekonomi digital


CAExpo yang digelar pada 27-30 November 2020 itu merupakan yang ke-17 kalinya sejak 2004 di Nanning, Ibu Kota Daerah Otonomi Guangxi, yang berbatasan dengan Vietnam.

Tujuh tahun sejak Xi mencanangkan prakarsa China untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam membangun Jalur Sutera Abad ke-21, hubungan kedua belah pihak berkembang pesat dan yang paling berhasil di Asia-Pasifik.

"Belum pernah sebelumnya masyarakat di berbagai negara terhubung begitu erat," ucap Xi.

Baca juga: Dubes: Konferensi Ekonomi Digital ASEAN-China harus beri nilai tambah

Baca juga: Indonesia-China, dari kemitraan regional menuju ekonomi digital
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020