Data selalu Real Time, BMKG raih penghargaan Bhumandala Rajata

Data selalu Real Time, BMKG raih penghargaan Bhumandala Rajata

Ilustrasi - Pegawai BMKG menunjukkan prakiraan cuaca di sebuah layar di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (14/1/2020). ANTARA/Katriana/am.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meraih penghargaan Bhumandala Rajata (Medali Perak) dari Badan Informasi Geospasial (BIG) atas pencapaiannya dalam pengembangan simpul jaringan informasi geospasial karena rutin menghasilkan data real time.

"Penghargaan ini merupakan buah kerja keras dan kerja ikhlas tim BMKG," kata koordinator BMKG pada Bhumandala Award 2020, Sunaryo dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penyelenggaraan Bhumandala Award – Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial dilaksanakan di Jakarta, Jumat (27/11) yang merupakan tahun keempat sejak pertama kali diselenggarakan pada 2014.

BMKG merupakan salah satu simpul jaringan yang menunjang pemanfaatan informasi geospasial untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi badan.

Baca juga: Pemerintah Kota Palembang raih penghargaan Bhumandala

Baca juga: Kementerian ESDM raih emas dan geoportal terbaik Bhumandala Award


Rutin dan banyak menghasilkan data seketik (real time) setiap harinya, hal ini yang menjadi salah satu penilaian hingga BMKG berhasil meraih penghargaan untuk kategori Kementerian/Lembaga itu.

Selain itu, sebagai simpul jaringan, BMKG mampu memenuhi tuntutan untuk menyajikan data secara tepat dan cepat didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yang mumpuni.

Pengembangan simpul jaringan di BMKG diharapkan dapat mendukung tata kelola data secara internal. Serta integrasi antara Perpres JIGN, Perpres Satu Data Indonesia serta aturan dalam Organisasi Meteorologi Dunia (WMO/World Meteorological Organization) dapat memperkuat manajemen data sistem klimatologi.

Simpul jaringan BMKG telah memperlihatkan manfaat yang besar bagi masyarakat. Selain itu BMKG juga telah membuktikan pemanfaatan informasi geospasial bagi keselamatan masyarakat terutama pada bidang perhubungan dan kebencanaan melalui pemberian informasi yang tanggap dan terpercaya.

Terbitnya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menjadi komitmen bahwa penyelenggaraan Informasi Geospasial harus memenuhi standar data, memiliki metadata yang baku serta memenuhi kaidah interoperabilitas data.

Sebelumnya, BMKG juga telah meraih penghargaan yang sama dan penghargaan Bhumandala Kencana - Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik tingkat Kementerian pada 2018.*

Baca juga: Sistem Informasi Kebencanaan Sleman raih Penghargaan Bhumandala Award
 
Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020