Tiga keputusan VAR bantu Brighton imbangi Liverpool

Tiga keputusan VAR bantu Brighton imbangi Liverpool

Gelandang Brighton & Hove Albion Pascal Gross mengeksekusi tendangan penalti hadiah keputusan VAR ketiga yang menguntungkan timnya dalam laga lanjutan Liga Inggris melawan Liverpool di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu (28/11/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Neil Hall)

Jakarta (ANTARA) - Tiga keputusan VAR membantu Brighton & Hove Albion mengimbangi tamunya Liverpool 1-1 dalam laga pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu.

Sebelum terbantu keputusan VAR, Brighton sebetulnya mendapat peluang bagus untuk memimpin ketika memperoleh hadiah tendangan penalti lantaran Neco Williams melanggar Aaron Connolly di area terlarang pada menit ke-20.

Namun, peluang itu disia-siakan oleh Neal Maupay yang menjadi algojo, sebab kendati sudah memperdaya kiper Alisson Becker, bola tendangannya melesat ke sisi tiang gawang yang keliru dan tak berbuah gol.

Pada menit ke-34, lahir keputusan VAR pertama yang menguntungkan Brighton ketika gol Mohamed Salah dianulir karena penyerang Mesir itu kedapatan beberapa milimeter terjebak posisi offside.

Baca juga: Klopp tepis anggapan susunan tim jadi faktor kekalahan dari Atalanta

Liverpool yang tampil tidak lebih baik dibandingkan laga kontra Atalanta tengah pekan lalu, akhirnya bisa memperoleh keunggulan pada menit ke-60 saat Diogo Jota melepaskan tembakan yang tak dijangkau oleh kiper Mathew Ryan ke pojok kanan bawah gawangnya.

Pada menit ke-83, keputusan VAR yang menguntungkan Brighton kembali terjadi saat gol sundulan Sadio Mane dianulir karena offside.

Lantas, pada menit kedua injury time, satu keputusan VAR pemungkas di laga itu menghadiahkan tendangan penalti kedua bagi Brighton setelah upaya Andy Robertson menyapu bola malah mengenai kaki Danny Welbeck.

Kesempatan tendangan 12 pas kedua sukses dimanfaatkan oleh Pascal Gross untuk memaksakan hasil imbang 1-1.

Selain keputusan VAR, laga itu juga diwarnai setidaknya tiga pergantian pemain yang terpaksa dilakukan kedua tim karena cedera.

Baca juga: Duet Welbeck-Maupay di lini depan Brighton diyakini terus berkembang

Maupay lebih dulu meninggalkan lapangan setelah tampak kesakitan memegangi hamstring pada menit ke-26 digantikan Leandro Trossard.

Kemudian Adam Lallana, yang belum sampai 10 menit merumput, harus keluar digantikan Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-71 karena cederanya kambuh.

Sedangkan di kubu Liverpool, James Milner juga keluar meninggalkan lapangan karena cedera pada menit ke-74 digantikan oleh Curtis Jones.

Hasil imbang membuat Liverpool sementara mengambil alih puncak klasemen dengan koleksi 21 poin, unggul satu poin atas Tottenham Hotspur (20) yang baru main Minggu (29/11).

Sedangkan Brighton (10) tak beranjak dari urutan ke-16, tetapi masih punya jarak aman enam poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Brighton selanjutnya akan menjamu Southampton dalam laga pekan ke-11 pada Senin (7/12) pekan depan, sementara Liverpool harus lebih dulu menghadapi Ajax di Liga Champions pada Selasa (1/12) sebelum menjamu Wolverhampton lima hari kemudian.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris malam ini: Liverpool bisa rebut puncak klasemen
Baca juga: Arsenal masih perlu beberapa bursa transfer untuk dapat bersaing
Baca juga: Chelsea di bawah tekanan untuk raih gelar, kata bos Tottenham Mourinho
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020