Siman Sudartawa jaga asupan nutrisi demi hadapi kejuaraan musim 2021

Siman Sudartawa jaga asupan nutrisi demi hadapi kejuaraan musim 2021

Atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa melakukan kosultasi di sela latihan untuk menghadapi kejuaraan musim 2021. HO/www.kachimeshi-indonesia.com

Jakarta (ANTARA) - Atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa terus menjaga kondisi meski di tengah pandemi termasuk pemenuhan asupan nutrisi demi menghadapi kejuaraan musim 2021 termasuk proyeksi ke Olimpiade Tokyo.

Pandemi, kata Siman seperti dilansir www.kachimeshi-indonesia.com yang dipantau dari Jakarta, Sabtu, memang cukup berpengaruh pada kondisi fisik karena tidak bisa menjalani latihan secara maksimal seperti sebelum pandemi COVID-19.

Guna mengembalikan kondisi, komposisi makanan juga diatur dengan rasio nutrisi makro - 40% karbohidrat, 30% protein, 30% lemak untuk merangsang pembakaran lemak. Proses memasak difokuskan kepada merebus, memanggang, dan mengukus.

Paket makan sendiri terdiri dari makanan utama biasa, sarapan siang dan makan malam dengan tambahan sebelum dan sesudah olahraga, dan (jika perlu) makan malam. Target dalam 2 bulan ke depan adalah Siman dapat mengurangi prosentase lemak tubuh sekitar 3 – 5% dengan maksimum 7 %.

Dengan kondisi itu, dinilai bakal meningkatkan massa otot secara proporsional pada bagian bagian penting yang pada akhirnya dapat meningkatkan tenaga dan kecepatan Siman di dalam air.

Baca juga: Siman Sudartawa tuturkan peran ibu dalam sukses kariernya

Saat ini, Siman Sudartawa dan atlet renang nasional seperti Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas dan Triady Fauzi Sidiq menjalani latihan bersama meski dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Mereka dipantau dua pelatih, Albert Sutanto dan Doni B. Utomo.

"Senang ya sudah bisa mulai berlatih di Kolam Renang GBK. Tentu semuanya harus patuh dengan protokol kesehatan mulai dari penginapan, perjalanan, kolam renang dan tiba lagi di penginapan," kata Manajer Pelatnas Olimpiade Renang, Wisnu Wardhana sebelumnya.

Mantan atlet nasional itu mengatakan, fokus latihan saat ini masih fokus kepada pemulihan dan persiapan loading endurance atau daya tahan setelah selama pandemi dan PSBB perenang hanya berlatih secara terbatas.

"Untuk satu-dua bulan pertama, kami masih latihan fisik yaitu untuk memantapkan sekaligus untuk adaptasi mereka," kata Wisnu.

Siman dan kawan-kawan diharapkan mampu menembus kualifikasi limit A Olimpiade 2021. Rencananya awal tahun depan para atlet bakal menjalani try out menuju Australia.

Baca juga: Pembentukan kekuatan otot ditentukan pilihan makanan
Pewarta : Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020