Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich dan RB Leipzig kembali ke jalur kemenangan pada pertandingan-pertandingan putaran kesembilan Liga Jerman pada Sabtu, sedangkan Borussia Dortmund tergelincir dan harus menelan kekalahan.

Tim Bavaria Bayern sempat tertinggal satu gol dari tuan rumah VfB Stuttgart sebelum mengamankan kemenangan 3-1. Sementara itu Leipzig sukses memukul tamunya Arminia Bielefeld dengan kemenangan 2-1, di saat bersamaan Dortmund takluk 1-2 di tangan tamunya Cologne.

Hasil itu mengokohkan Bayern di pucuk klasemen dengan 22 poin, sedangkan Leipzig naik ke posisi kedua dengan 20 poin sambil menggeser Dortmund, yang sekarang turun ke posisi ketiga dengan 18 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Hansi Flick tuntut perbaikan lini belakang Bayern saat lawan Stuttgart

Bayern dibuat terkejut saat Tanguy Coulibaly membuka keunggulan Stuttgart pada menit ke-20 saat ia menyambar umpan silang Silas Wamangituka.

Usaha keras Bayern untuk menyamakan kedudukan baru tercapai pada menit ke-38, melalui gol Kingsley Coman dengan memanfaatkan umpan terobosan Thomas Mueller. Bayern bahkan masih sempat membalikkan keadaan pada menit ke-45+1 berkat tembakan akurat Thomas Lewandowski dari luar kotak penalti.

Setelah turun minum, tidak banyak peluang dapat diciptakan oleh kedua tim. Namun Bayern masih mampu mendapatkan gol ketiganya saat pemain pengganti Douglas Costa bergerak memotong dari kanan dan melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti.

Baca juga: Wolfsburg jaga catatan nirkalah dalam hujan delapan gol kontra Bremen

Pada pertandingan yang dimainkan di Red Bull Arena, tuan rumah RB Leipzig memecah kebuntuan pada menit ke-29. Angelino berlari mengejar umpan Lazar Samardzic, mengecoh kiper Stefan Ortega, untuk kemudian memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Pemain pengganti Christopher Nkunku mengemas gol kedua Leipzig melalui sentuhan pertamanya pada laga itu, pada menit ke-47, dengan memanfaatkan operan Daniel Olmo.

Leipzig mendapat hadiah penalti pada menit ke-73 akibat Alexander Soerloth dilanggar Amos Pieper di kotak terlarang. Soerloth sendiri yang mengambil eksekusi, namun sepakannya dapat ditahan kiper Ortega.

Justru Arminia yang mampu mengemas gol hiburan pada menit ke-75, melalui sepakan Fabian Klos.

Cologne catatkan kemenangan perdana di liga

Cologne mencatatkan kemenangan perdana di Liga Jerman musim ini, saat mereka memukul tuan rumah Dortmund. Itu juga mengakhiri laju 18 pertandingan tanpa kemenangan bagi Cologne di Liga Jerman.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020