KAI Jember operasikan delapan KA saat libur Natal dan Tahun Baru

KAI Jember operasikan delapan KA saat libur Natal dan Tahun Baru

Penumpang memakai masker dan pelindung wajah (Face Shield)Êdi Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Jember saat transit di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/6/2020). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengoperasikan sebanyak delapan kereta api (KA) selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami mengoperasikan 8 KA dengan 18 perjalanan pada Desember 2020 untuk mengantisipasi lonjakan selama libur Natal dan Tahun Baru," kata Vice President KAI Daop 9 Jember Agus Barkah Nugraha dalam rilis yang diterima ANTARA di Kabupaten Jember, Jatim, Senin.

Baca juga: KAI Daop 9 Jember tambah operasional KA pada November 2020

Kereta yang dioperasikan yakni KA Logawa rute Jember-Purwokerto (PP), KA Ranggajati rute Jember-Cirebon (PP), KA Mutiara Timur rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Pasar Turi, KA Wijaya Kusuma rute Ketapang-Cilacap (PP), dan KA Sritanjung rute Ketapang Banyuwangi-Lempuyangan (PP),

Selanjutnya, KA Tawangalun rute Ketapang Banyuwangi-Malang Kota Lama (PP), KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Gubeng (PP), dan KA Pandanwangi rute Jember-Ketapang Banyuwangi (PP).

"Dari delapan kereta yang beroperasi, ada tiga KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Logawa, KA Ranggajati, dan KA Mutiara Timur, sedangkan lima KA lainnya beroperasi setiap hari," katanya.

Agus mengatakan pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Ia menjelaskan penumpang KA jarak jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan face shield selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan," ujarnya.

KAI Daop 9 Jember telah membuka layanan pemesanan tiket KA dan bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi kai.id, serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

Baca juga: KA Wijaya Kusuma kembali beroperasi saat akhir pekan
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020