Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan adanya penambahan 34 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga total menjadi 1.246 kasus.

"Hari ini ada 34 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari empat kabupaten di NTT," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, David Mandala ketika dihubungi di Kupang, Senin.

Kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu tersebar di Kabupaten Manggarai Barat delapan orang terdiri dari tujuh orang perempuan dan satu laki-laki, semuanya dari kluster transmisi lokal.

Sementara itu enam orang dari Kabupaten Flores Timur, yaitu lima orang perempuan dan satu laki-laki, sedangkan Kabupaten Kupang terdapat penambahan dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19, semuanya laki-laki dari kluster transmisi lokal.

Baca juga: Ada 74 tambahan, positif COVID-19 di NTT naik jadi 1.087 kasus

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di NTT tembus 1.000 orang


Selain itu ada 18 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kupang, yaitu delapan orang perempuan dan 10 orang laki-laki, semuanya dari kluster transmisi lokal.

"Fenomena kasus COVID-19 dari kluster transmisi lokal terus meningkat sehingga perlu adanya kewaspadaan masyarakat di NTT dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata David Mandala.

Ia mengatakan penggunaan masker dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta menjaga jarak sangat efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19.

David menjelaskan saat ini masih terdapat 525 orang pasien COVID-19 yang dirawat dan menjalani karantina secara mandiri, sementara pasien sembuh mencapai 698 orang dan meninggal dunia 23 orang.*

Baca juga: Protokol kesehatan benteng pencegahan COVID-19 di Kota Kupang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di NTT bertambah 40 orang

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020