Kemarin, bebas pajak impor vaksin hingga transaksi saham tertinggi

Kemarin, bebas pajak impor vaksin hingga transaksi saham tertinggi

Ilustrasi - Satu botol vaksin virus corona Covid-19 di laboratorium. ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (30/11), mulai dari pemerintah yang membebaskan pengenaan pajak impor pengadaan vaksin COVID-19, hingga nilai transaksi harian saham tercatat paling tinggi sepanjang sejarah, yakni mencapai Rp32,01 triliun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah bebaskan pajak impor pengadaan vaksin COVID-19

Pemerintah membebaskan pengenaan pajak impor pengadaan vaksin untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan mendukung penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Syarif Hidayat di Jakarta, Senin, menyatakan fasilitas fiskal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188/PMK.04/2020.

Berita selengkapnya klik di sini

2. BEI catat transaksi harian saham tertinggi Rp32,01 triliun hari ini

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat nilai transaksi harian saham tertinggi sepanjang sejarah yaitu mencapai Rp32,01 triliun pada 30 November 2020.

"Kami informasikan bahwa hari ini 30 November 2020, BEI mencatat nilai transaksi harian saham di pasar reguler tertinggi sepanjang sejarah transaksi di BEI, yaitu senilai Rp 32,01 triliun, dengan total frekuensi 1.685.213 kali," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Luhut: Aturan SWF rampung bulan depan, Januari 2021 mulai beroperasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan aturan mengenai Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI), yang dibentuk melalui omnibus law UU Cipta Kerja, akan rampung Desember 2020 dan mulai beroperasi Januari 2021.

"Bulan depan, pertengahan, saya rasa, semua regulasi dan aturan hukum untuk Sovereign Wealth Fund selesai. Dan, Januari akan mulai efektif berjalan," katanya saat menyampaikan sambutan dalam Tri Hita Karana Forum Dialogue Cloud Event "Indonesia Omnibus Law For a Better Business Better World" secara virtual di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Sri Mulyani tekankan bayar pajak untuk jaga negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan bahwa seluruh pajak yang wajib dibayarkan oleh masyarakat merupakan upaya untuk menjaga negara agar mampu bertahan di tengah berbagai tekanan termasuk pandemi COVID-19.

“Kenapa kita bayar pajak? Itu untuk menjaga Indonesia, kembali lagi ke masyarakat. Kenapa kita beli minum ada pajaknya atau orang tua bekerja membayar pajak? Bukan karena negara menyusahkan orang tua tapi uang itu dikumpulkan agar Indonesia bisa jalan lagi,” katanya dalam acara daring Kemenkeu Mengajar di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Erick Thohir ungkap 35 BUMN masuk dalam restrukturisasi/optimasi PPA

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan terdapat 35 BUMN yang masuk ke dalam restrukturisasi bisnis/optimasi dan scale up Danareksa dan PT. Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA.

"Sisa BUMN lainnya yang memang masuk restrukturisasi, itu masuk ke PPA. Terdapat 35 BUMN yang memang sekarang sedang ditangani tim khusus di mana memang fokus restrukturisasi," ujar Erick Thohir dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini

 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020