Jakarta (ANTARA) - Tim Garuda Select jilid ketiga dijadwalkan akan terbang bertolak ke Inggris pada Rabu (3/12) besok untuk menjalani pemusatan latihan intensif yang rencananya berlangsung hingga Mei 2021.

Nantinya, ke-21 pemain Garuda Select jilid ketiga ini akan tetap berada di bawah arahan direktur teknik Dennis Wise dan pelatih Desmond 'Des' Walker.

Menurut lansiran laman resmi PSSI pada Selasa, para personel Garuda Select jilid ketiga saat ini ditempatkan di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan dan dilindungi dengan protokol kesehatan ketat.

Menjelang keberangkatan ke Inggris, mereka diberikan beberapa materi yang berguna selama tinggal di Eropa seperti bahasa Inggris, cara bergaul termasuk dengan sesama pemain dan dan bagaimana bertanhan hidup di luar negeri.

Baca juga: 21 pemain Garuda Select III siap terbang ke Inggris

Selain itu, semua personel Garuda Select jilid ketiga juga mendapatkan kejutan berupa kedatangan musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals, pada Selasa.

"Saya sempat tidak percaya, Bang Iwan datang tiba-tiba. Saya sangat senang," ujar Fernando Pamungkas.

Fernando pun tidak lupa nasihat yang diberikan pelantun lagu 'Bento' dan 'Bongkar' itu kepada para pemain Garuda Select jilid ketiga.

Iwan, kata dia, meminta para pemain untuk tidak patah semangat dan selalu fokus mengejar mimpi, salah satunya merumput di kompetisi Eropa suatu saat nanti.

"Bang Iwan mengatakan kami tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan karena tidak semua orang bisa seperti kami. Dia berharap kami bisa melanjutkan karier di Eropa," tutur pemain Garuda Select III yang lain, Edgard Amping.

Baca juga: Dennis Wise kecewa Barito Putera halangi langkah Bagus Kahfi di Eropa

Edgard, bersama Fernando, Muhammad Rafli Asrul dan Kakang Rudianto merupakan pemain-pemain jebolan Garuda Select jild kedua yang diikutsertakan kembali dalam program terkini.

Garuda Select merupakan program pengembangan pemain muda oleh PSSI yang bekerja sama dengan sponsor.

Nantinya, selain di Inggris, tim Garuda Select tahap ketiga juga akan bertanding di Jerman.

Baca juga: Teco berpesan pemain muda manfaatkan kesempatan di timnas

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020