Jakarta Pusat adakan simulasi Kampung Tangguh Bencana atasi banjir

Jakarta Pusat adakan simulasi Kampung Tangguh Bencana atasi banjir

Proses simulasi penanganan banjir untuk ibu hamil yang dievakuasi di Kampung Tangguh Bencana RW 005 Karet Tengsin, Rabu (2/12/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengadakan simulasi penanganan bencana banjir di Kampung Tangguh Bencana di Lapangan STU RW 005 Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

"Jadi ini Kampung Tangguh Bencana untuk di Jakarta Pusat percontohannya di Karet Tengsin. Seluruh Lurah dan Camat saya minta ke sini. Mereka harus lihat lalu dikloning di tempatnya masing-masing cara kerjanya ini," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat ditemui di sela-sela simulasi penanganan banjir Kampung Tangguh Bencana RW 005 Karet Tengsin, Rabu.

Petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, PPSU Kelurahan Karet Tengsin, petugas Pemadam Kebakaran, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tenaga medis dari Puskesmas serta PMI terlibat dalam simulasi yang juga melibatkan warga sekitar.

Simulasi diawali dengan skema seolah-olah sudah ada kenaikan air di Saluran Kali Krukut setinggi 1,7 meter.

Baca juga: Warga dan petugas gelar simulasi RW tangguh hadapi banjir di Pejagalan

Warga pun segera diminta mempersiapkan diri untuk menuju ke lokasi evakuasi yang telah disiapkan oleh RW 005 Karet Tengsin.

Seluruh warga yang tiba di lokasi pengungsian dipastikan menjalani pemeriksaan kesehatan dan penyaringan (screening) COVID-19 menggunakan alat tes cepat.

Setelah sudah didapatkan hasil nonreaktif warga yang termasuk dalam kelompok rentan yaitu anak-anak, ibu hamil, dan orang lanjut usia dipisahkan pengungsiannya dengan warga berusia produktif.

Sementara bagi warga yang mendapatkan hasil reaktif akan diarahkan ke posko khusus 'suspect' COVID-19 untuk menunggu hasil tes usap.
Plh Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi beserta Plt Kepala BPBD DKI Sabdo Kurninato meninjau Dapur Umum dalam Simulasi Penanganan Banjir di Kampung Tangguh Bencana RW 005 Karet Tengsin, Rabu (2/12/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Selain menyiapkan simulasi penanganan pengungsi, koordinasi untuk dapur umum, penyediaan ambulans gawat darurat, TNI, Polisi, petugas pemadam kebakaran, penyediaan listrik serta air bersih, hingga logistik juga disiapkan.

Diharapkan dengan adanya simulasi maka penanganan banjir jika terjadi akan lebih mudah dilakukan dan lebih matang.

Kegiatan simulasi Kampung Tangguh Bencana RW 005 Karet Tengsin itu pun dihadiri oleh Plt BPBD DKI Sabdo Kurnianto, ia pun mengatakan seluruh wilayah Kota dan Kabupaten di DKI Jakarta turut menyiapkan simulasi serupa untuk penanganan banjir.

Baca juga: Brimob Polda Metro simulasi evakuasi korban banjir
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020