pembebasan Uang Kuliah Tunggal untuk satu semester ke depan
Jambi (ANTARA) - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Jambi (Unja) meraih medali perak pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-33 yang diselenggarakan secara luring di GSP Universitas Gadjah Mada.

"Sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang ditorehkan, Universitas Jambi memberikan hadiah kepada TIM PKM-M Unja berupa pembebasan Uang Kuliah Tunggal untuk satu semester ke depan,” kata Rektor Unja Prof Sutrisno di Jambi, Rabu.

Selain membebaskan UKT, Rektor juga memberikan hadiah tambahan berupa pembebasan skripsi dengan menjadikan proposal yang telah diunggah pada Pimnas 33 menjadi pengganti dan konversi nilai bagi mahasiswa yang menang.

Artinya ada kemudahan bagi mahasiswa yang berprestasi tersebut untuk bisa menggunakan proposal yang telah diunggah pada ajang Pimnas 33 menjadi bahan skripsinya langsung.

Baca juga: UI raih emas dan perak ajang Pimnas ke-32

Baca juga: Empat proposal PKM Universitas Muhammadiyah Magelang maju Pimnas


Sementara itu salah satu perwakilan mahasiswa, Ulta Miftakul Janah yang merupakan mahasiswa yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengatakan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan oleh Rektor beserta pimpinan Universitas.

“Alhamdulillah kami mendapatkan apresiasi dari Rektor beserta Wakil Rektor dengan memberikan reward Gratis UKT satu semester, Bebas skripsi yang artinya menjadikan proposal PKM tersebut menjadi pengganti dan konversi nilai,” kata Ulta Miftakul Janah.

Ulta menambahkan, Untuk bisa menjadi juara dengan mengalahkan ratusan Universitas yang ada di Indonesia baginya tidaklah mudah, ia mengatakan Universitas Jambi hanya mengirimkan satu delegasi.

Adapun proposal yang berhasil lolos menjadi juara II tersebut berjudul "Desa hijau: Upaya pelestarian alam melalui peraturan desa yang ramah lingkungan".

Program Kreativitas Mahasiswa sendiri terdiri atas beberapa bidang. PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Terapan Teknologi, PKM-Karsa Cipta, PKM Gagasan Tertulis, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Tahun ini, jumlah proposal masuk mencapai 65 ribu, terdiri dari 625 tim dan 101 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Di PIMNAS 2020, Universitas Brawijaya raih posisi "runner up"

Baca juga: Peringkat enam nasional, Unhas loloskan 27 tim ke Pimnas ke-33

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020