Statistik Grand Prix F1 Sakhir

Statistik Grand Prix F1 Sakhir

Gambaran umum balapan Formula 1 Grand Prix Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (29/11/2020) (Pool via Reuters/Bryn Lennon)

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini statistik Grand Prix Sakhir yang akan digelar di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, pada Minggu sebagai balapan ke-16 sekaligus penultima musim ini.

Jarak satu putaran: 3,543km
Jarak total balapan: 307,995 km (87 putaran)
Start: 1410 GMT (2110 WIB)

Lewis Hamilton
Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton positif terjangkit COVID-19, menjadi pebalap ketiga musim ini yang terinfeksi virus corona dan akan melewatkan balapan.

Ini adalah kali pertama Hamilton absen dalam balapan sejak debut bersama McLaren pada 2007.

Titel
Kedua titel musim ini telah direbut Mercedes untuk ketujuh kalinya secara beruntun.

Hamilton menjadi pebalap paling sukses sepanjang masa dengan mengoleksi jumlah kemenangan, pole position lebih banyak dari juara dunia tujuh kali Michael Schumacher.

Baca juga: Tanpa Hamilton, GP Sakhir hadirkan tantangan baru

Sakhir
Balapan di Sakhir pada Minggu menjadi nama Grand Prix baru keenam dalam musim ini setelah Styria, 70th Anniversary, Eifel, Tuscany dan Emilia Romagna.

Layout terluar dari sirkuit akan pertama kalinya digunakan di Formula 1 setelah Grand Prix Bahrain menggunakan layout standar sepanjang 5,4 km.

Trek terluar di Sakhir lebih panjang hanya 0,2 km dari satu putaran di Monako dan akan menjadi balapan dengan jarak satu lap terpendek tahun ini karena GP Monako batal digelar karena pandemi.

Juara Grand Prix
Empat pebalap telah memenangi Grand Prix dalam musim ini yaitu Hamilton dan rekan satu timnya di Mercedes, Valtteri Bottas, kemudian Max Verstappen dari tim Red Bull dan Pierre Gasly dari AlphaTauri.

Hamilton mencapai rekor 95 kemenangan balapan, 74 di antaranya diraih bersama Mercedes dari 265 start. Tidak ada pebalap lain yang menang lebih banyak untuk satu konstruktor.

Hamilton telah memenangi 11 balapan pada 2020, termasuk empat Grand Prix terakhir. Valtteri Bottas menambah dua kemenangan bagi Mercedes musim ini, sedangkan Verstappen dan Gasly masing-masing baru menang sekali musim ini.

Ferrari telah memenangkan 238 balapan sejak 1950, McLaren 182, Mercedes 115, Williams 114 dan Red Bull 63. Mantan tim juara dunia McLaren dan Williams belum pernah menang lagi sejak 2012, demikian Reuters.

Baca juga: Russell tak akan sia-siakan kesempatan emas bersama Mercedes

Pole position
Hamilton memegang rekor 98 pole position namun tidak mampu menggenapinya menjadi 100 musim ini karena harus mengisolasi diri.

Mercedes hampir menyapu bersih pole position dalam semua balapan yang telah digelar musim ini, kecuali Grand Prix Turki di mana pebalap Racing Point Lance Stroll tampil tercepat pada babak kualifikasi.

Meski demikian, mobil yang ditenagai Mercedes selalu meraih posisi start terdepan musim ini.

Poin
Hamilton memegang rekor finis dengan poin di 48 balapan secara beruntun.

Semua tim, kecuali Williams, telah mencetak poin musim ini.

Pebalap Brazil Pietro Fittipaldi akan menjalani debut F1 bersama Haas untuk menggantikan Romain Grosjean yang cedera. Dia akan menjadi pebalap ke-32 asal Brazil yang membalap di F1 sepeninggalan Felipe Massa pada 2017.

Fittipaldi adalah satu dari anggota keluarga Fittipaldi yang pernah berkiprah di F1 setelah sang kakek dan juara dunia dua kali Emerson, kakak dari kakeknya Wilson, sepupu pertama Christian, dan sang paman Max Papis.

Pebalap Inggris Jack Aitken juga akan menjalani debut bersama tim Williams, menggantikan George Russell yang dimandati Mercedes mengisi bangku yang ditinggalkan Hamilton.

Baca juga: Direkrut tim Haas, Mick Schumacher ramaikan Formula 1 tahun depan
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020