Kondisi Gubernur Riau stabil dalam penanganan tim dokter COVID-19

Kondisi Gubernur Riau stabil dalam penanganan tim dokter COVID-19

Konfrensi pers Satgas COVID-19 Riau yang menjelaskan kondisi Gubernur Riau Syamsuar, terkonfirmasi COVID-19. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar hingga saat ini masih dalam proses penyembuhan dari COVID-19 dengan kondisi saat ini yang stabil dan dalam pengawasan tim dokter.

"Kondisi beliau stabil, mohon doanya semoga Pak Gubernur cepat sembuh," kata Dirut RSUD Arifin Achmad Riau dr Nuzelly Husnedi, MARS dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan Gubernur Riau masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit bersama istrinya, Misnarni, yang juga terkonfirmasi positif COVID-19.

Ia mengatakan ada enam dokter yang menangani penyembuhan gubernur, di antaranya dokter spesialis paru dan dokter spesialis penyakit dalam.

Tim dokter tersebut dipimpin oleh dr Indra Yovi Sp.P(K) yang juga menjabat Juru Bicara COVID-19 Riau.

Sebelumnya, dr Indra Yovi mengatakan gubernur dan istri dirawat di kamar isolasi yang sama.

Baca juga: Dinkes Riau akan lacak klaster baru COVID-19 para istri pejabat

Harapannya, kata dia, dengan berada di satu kamar yang sama, Syamsuar dan istrinya bisa saling menguatkan selama menjalani isolasi.

Sebabnya, kata dia, saat seseorang terinfeksi COVID-19 dan menjalani isolasi, hal yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi psikologis pasien.

"Lebih baik ada temannya daripada sendiri,” kata dr Indra Yovi.

Penularan COVID-19 di lingkaran Gubernur Riau kuat dugaan berasal dari klaster organisasi Dharma Wanita yang beranggotakan istri pejabat, termasuk istri gubernur. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau, lebih dari 20 orang yang mayoritas pejabat dan istrinya terkonfirmasi COVID-19 dari klaster penularan itu.

Penambahan kasus baru, salah satunya Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Riau Chairul Riski, yang saat ini dirawat di ruang Piner RSUD Arifin Achmad Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya menyatakan hasil uji usap dirinya menunjukan negatif COVID-19, meski istrinya terinfeksi virus berasal dari Wuhan, China itu.

"Alhamdulillah saya dinyatakan negatif setelah dilakukan 'swab' (tes usap) oleh Lab Kesehatan Provinsi Riau. Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Amin," kata dia.

Selama Gubernur Riau menjalani proses pengobatan, roda pemerintahan di lingkungan Pemprov Riau dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Edy Natar Nasution.

Baca juga: Air mata terakhir Gubernur Riau untuk dokter Oki
Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau tertular COVID-19
Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau dinyatakan sembuh dari COVID-19
Pewarta : FB Anggoro
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020