Saya akan bantu kontak Kepala Dinas PPKUKM
Jakarta (ANTARA) - Komisi B DPRD DKI dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) menyatakan kesiapannya untuk mencarikan solusi atas nasib ratusan pedagang kecil di kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta Selatan.

"Saya akan bantu kontak Kepala Dinas PPKUKM untuk diperhatikan dan dicarikan solusi terbaik atas permasalahan yang diadukan ini, nanti akan diperbaharui selanjutnya," ucap Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, setelah menerima Paguyuban Pedagang Kuliner Kinanti Building beserta PT Kinanti Utama Karya (KUK).

Di hadapan Ketua Komisi B DPRD DKI, para pedagang menyampaikan kronologi dan permasalahan yang melibatkan PT Madara Swarna, yang merupakan anak usaha PT. Triyasa Propertindo, yang juga anak usaha dari PT Mahadana Dasha Utama.

Menurut para pedagang PT. Madara telah mengeluarkan surat perintah secara resmi kepada PT. Kinanti Utama Karya, agar melakukan pengosongan obyek sewa selambat-lambatnya 17 November 2020 secara sepihak.

Baca juga: Pemulihan ekonomi Jakarta sasar masyarakat rentan hingga UMKM

Surat perintah diterbitkan dengan alasan bahwa PT. Kinanti selaku penyewa lahan dan pengelola Kinanti Building wanprestasi atas pembayaran sewa, meskipun masa perjanjian sewa masih berlaku selama beberapa tahun ke depan.

Manajer Operasional PT. Kinanti Utama Karya Anang Catur mengatakan, tersendatnya pembayaran sewa lantaran dampak pandemi, yakni para pedagang mengalami penurunan omzet secara drastis.

"Sejak bulan Maret lalu, kami telah memberikan subsidi kepada para pedagang dalam bentuk pemotongan harga sewa hingga 50 persen," katanya.

Paguyuban Pedagang Kuliner Kinanti Building dan PT. Kinanti Utama Karya, juga menemui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, pada Rabu (02/12).

Baca juga: Dinas PMPTSP DKI petakan dampak pandemi bagi UMKM

Kepada Dinas PPKUKM menegaskan siap mendalami persoalan ini dan akan memeriksa pihak-pihak terkait sejauh dalam kewenangan lembaga tersebut serta akan turun ke lapangan meninjau lokasi pedagang UMKM. .

"Kami akan memanggil PT. Madara untuk diambil keterangannya agar pedagang UMKM mendapatkan solusi untuk dapat melanjutkan usahanya," ujar Elisabeth Ratu.

Kinanti Building merupakan inkubator bagi UMKM yang tergabung dalam program OK OCE, yang dibina oleh Pemda DKI Jakarta bermitra dengan PT Kinanti Utama Karya sebagai OK OCE Global Office, yang dimaksudkan untuk mencetak pelaku usaha baru telah diresmikan oleh Mantan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno pada 14 Februari 2018.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020