Polda Jabar fokus pengamanan pilkada, libur Natal-Tahun Baru

Polda Jabar fokus pengamanan pilkada, libur Natal-Tahun Baru

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri melakukan gunting pita saat meresmikan Wisma Lodaya Polres Sukabumi di Kabupaten Sukabumi, Jabar, pada Kamis, (3/12). (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan saat ini pihaknya fokus dalam pengamanan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 serta libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Selain antisipasi terjadinya gangguan keamanan saat pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 serta libur Natal dan Tahun Baru, kami juga fokus terhadap pelanggaran protokol kesehatan," katanya saat kunjungan kerja di Sukabumi, Kamis.

Baca juga: Kapolda: Kasus Megamendung dalam tahap penguatan fakta hukum

Menurut dia, pihaknya saat ini tengah berkeliling bersama Pangdam III/Siliwangi dan Kajati Jabar ke sejumlah kota dan kabupaten di Jabar yang sedang melaksanakan pilkada untuk memantau sejauh mana kesiapan pelaksanaan.

Dari hasil evaluasi, penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan kesiapan dalam pelaksanaan pilkada khususnya terkait ketersediaan logistik saat pemungutan dan penghitungan suara.

Selain itu, pihaknya juga memantau kesiapan aparat keamanan dalam menjaga kondusivitas menjelang pemungutan suara serta melakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik.

Baca juga: Kapolda Jabar sebut tindakan di RS Ummi pidana murni

Menurut dia, tidak kalah penting pengawasan protokol kesehatan selama pilkada ini terus dipantau, jika ada yang melanggar maka ia menginstruksikan agar diberikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan di daerahnya masing-masing.

"Daerah yang melaksanakan pilkada pola pengamanannya dipastikan sama dan tidak ada yang mendapatkan pantauan khusus," katanya.

Sementara, untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, Dofiri mengatakan pengamanan diperketat di beberapa jalur seperti jalur tol, selatan dan utara serta wisata. Tentunya di lokasi tersebut pihaknya sudah menyiagakan personel dibantu oleh TNI dan aparat dari pemerintahan.

Baca juga: Polda Jabar akan panggil Rizieq terkait kerumunan di Megamendung

Selain mengamankan jalur lalu lintas yang diprediksi akan ramai dilalui kendaraan baik pemudik maupun wisatawan agar tidak terjadi kemacetan, pihaknya menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengingatkan warga agar melaksanakan aturan protokol kesehatan antisipasi terjadinya penyebaran COVID-19.
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020