Penanganan COVID-19 masih jadi program prioritas Kodim 0501/JP BS

Penanganan COVID-19 masih jadi program prioritas Kodim 0501/JP BS

Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief di kawasan Kemayoran, Jumat (4/12/2020). ANTARA/Livia Kristianti.

Jakarta (ANTARA) - Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengatakan penanganan COVID-19 di Jakarta Pusat saat ini masih menjadi prioritas program yang dikerjakan  di bawah kepemimpinannya.

"Kita tetap prioritaskan penanganan COVID-19, kami punya program Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan (PDPK), anggota kami masih jalankan itu," ujar Luqman saat ditemui di Kemayoran, Jumat.

Baca juga: Anies ajukan Dhany Sukma isi posisi Wali Kota Jakarta Pusat

Beberapa kegiatan di antaranya yaitu pemberian bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 hingga melakukan penyemprotan rutin disinfektan untuk memutus potensi penyebaran virus asal Wuhan itu.

Tidak hanya itu, pelibatan komunitas-komunitas yang ada di masyarakat pun dimaksimalkan untuk mempromosikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai standar protokol kesehatan.

Baca juga: Pemkot Jakpus pastikan akan awasi penerapan 3M di pengungsian banjir

"Itu kita kerjakan di seluruh wilayah di Jakarta Pusat, itu yang berjalan di Koramil- Koramil yang ada di bawah naungan Kodim," ujar Luqman.

Selain memfokuskan pengerjaan program penanganan COVID-19, Luqman mengatakan pihaknya juga menciptakan program forum warga anti tawuran di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat.

Baca juga: Jakpus pastikan deteksi dini COVID-19 terhadap pengungsi banjir

Menurut Luqman dengan adanya program forum warga anti tawuran itu dapat menekan kasus angka tawuran antar warga yang memang kerap terjadi di kawasan Jakarta Pusat.

"Forum Warga Anti Tawuran ini masih kita jaga. Karena saat ini wabah masih berjalan, nah tawuran- tawuran kan dulu sering terjadi dan ini yang kita antisipasi. Kegiatan tawuran itu merugikan kita lah, jadi semua elemen masyarakat kita rangkul untuk mencegah hal itu," ujar Luqman.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020