Simpang Empat,- (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat bertambah 15 orang hari ini, Jumat.

"Benar, hari ini bertambah 15 orang dan sembuh 30 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan dengan bertambahnya 15 orang maka jumlah total kasus pasien positif hingga saat ini mencapai kasus 355 kasus, sembuh 274 orang, meninggal 19 orang dan masih positif menjalani isolasi atau karantina 62 orang.

Menurutnya pertambahan 15 orang positif itu berdasarkan informasi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang pada Jumat (4/12).

Baca juga: Seorang kepala sekolah di Pasaman Barat positif COVID-19

Ke-15 orang itu adalah pria inisial IF (27) warga Jorong Katimaha Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi sebelumnya, pria inisial MIAA (24) warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman yang merupakan pasien suspek COVID-19 dan pria inisial ZH (30) warga Jorong Sukomananti Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dengan kasus positif sebelumnya.

Kemudian pria inisial I (36) warga Jorong Pasaman Baru Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, pria inisial AH (41) warga Jorong Kampung Cubadak Kecamatan Pasaman merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya dan pria inisial RRH (21) warga Jorong Pondok Kecamatan Sasak Ranah Pasisie yang diduga kontak dengan kasus positif sebelumnya.

Selanjutnya pria inisial LH (25) warga Jorong Ranah Salido Kecamatan Lembah Melintang diduga kontak dengan pasien positif sebelumnya, wanita inisial MAS (18) warga Jambak Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek COVID-19.

Wanita inisial LN (38) warga Jorong Pematang Sontang Kecamatan Sungai Aur yang merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, pria inisial IS (25 ) warga Jorong Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek COVID-19 dan wanita inisial S (34) warga Kampung I Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek COVID-19.

Baca juga: Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat positif COVID-19

Pasien selanjutnya wanita inisial DRS (31) warga Jambak Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman yang merupakan pasien suspek COVID-19, wanita inisial NF (35) warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman yang diduga kontak dengan pasien positif sebelumnya, wanita inisial MV (35) warga Jorong Simpang Empat Kecamatan Pasaman dan wanita inisial HISW (20) warga Jorong Bandar Baru Kecamatan Sasak Ranah, pasien yang diduga kontak dengan pasien positif sebelumnya.

"Pasien inisial IF, I dan AH diisolasi di Kota Padang serta pasien MIAA diisolasi di Jakarta," katanya.

Sedangkan 11 pasien lainnya saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan RS Ibnu Sina serta direncanakan untuk diisolasi di RSUD Pasaman Barat, RS Ibnu Sina dan Diklat BKPSDM Talu.

Pihaknya saat ini juga telah melaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau traking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengharapkan masyarakat saling bekerja sama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Baca juga: Seorang pegawai KPU Pasaman Barat positif COVID-19

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020